dc.description.abstract | Salah satu indikator derajat kesehatan yaitu dilihat dari jumlah Angka
Kematian Ibu (AKI). Bedasarkan data terakhir yang diperoleh dari Survei
Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada September 2013, AKI
mencapai 359/100.000 kelahiran hidup. Masalah kesehatan di Indonesia sangat
rentan dihadapi oleh masyarakat miskin. Derajat kesehatan masyarakat miskin
tergolong rendah, diakibatkan karena sulitnya akses terhadap pelayanan
kesehatan. Keadaan tersebut membuat pemerintah membentuk suatu asuransi
ataupun jaminan sosial untuk menjamin seluruh rakyat dalam menghadapi resiko
yang disebabkan oleh gangguan kesehatan. Bentuk jaminan sosial yang terbaru di
Indonesia adalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memberikan jaminan
pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang menjadi peserta BPJS Kesehatan.
Salah satu Rumah Sakit yang turut serta melaksanakan program JKN bagi peserta
BPJS Kesehatan adalah RSUD Lukas Hilisimaetano Kabupaten Nias Selatan.
Pelayanan kesehatan ini tentu akan memunculkan respon peserta, yang dilihat dari
tiga variabel yaitu persepsi, sikap dan partisipasi. Mengingat kondisi ini, setiap
peserta akan memberikan respon yang berbeda-beda terhadap pelayanan
kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Respon Peserta BPJS Kesehatan Mandiri terhadap Pelayanan
Kesehatan di RSUD Lukas Hilisimaetano Kabupaten Nias Selatan.
Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif, yaitu membuat
gambaran menyeluruh tentang bagaimana respon peserta BPJS Kesehatan
Mandiri. Penelitian ini dilakukan di RSUD Lukas Hilisimaetano Kabupaten Nias
Selatan dengan responden berjumlah 52 orang. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, kuesioner dan wawancara dengan responden. Sedangkan metode
analisis yang digunakan adalah deskriptif, memeriksa data dari responden,
kemudian dicari frekuensi dan persentasenya untuk disusun dalam bentuk tabel
tunggal serta selanjutnya dijelaskan secara kualitatif dan menggunakan skala
likert untuk mengukur variabel-variabelnya.
Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan dan dianalisis dapat
disimpulkan bahwa secara rata-rata pelayanan kesehatan di RSUD Lukas
Hilisimaetano mendapat respon positif dari peserta BPJS Kesehatan Mandiri
dengan nilai 0,38. Terdiri dari persepsi dengan nilai 0,58, sikap dengan nilai 0,56
dan partisipasi dengan nilai -0,01. Peserta berharap pelayanan kesehatan perlu
ditingkatkan mutu pelayanannya. | en_US |