Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Hairani
dc.contributor.authorLey, Riasapta Oktavia
dc.date.accessioned2022-11-17T02:51:59Z
dc.date.available2022-11-17T02:51:59Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61141
dc.description.abstractSalah satu indikator derajat kesehatan yaitu dilihat dari jumlah Angka Kematian Ibu (AKI). Bedasarkan data terakhir yang diperoleh dari Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada September 2013, AKI mencapai 359/100.000 kelahiran hidup. Masalah kesehatan di Indonesia sangat rentan dihadapi oleh masyarakat miskin. Derajat kesehatan masyarakat miskin tergolong rendah, diakibatkan karena sulitnya akses terhadap pelayanan kesehatan. Keadaan tersebut membuat pemerintah membentuk suatu asuransi ataupun jaminan sosial untuk menjamin seluruh rakyat dalam menghadapi resiko yang disebabkan oleh gangguan kesehatan. Bentuk jaminan sosial yang terbaru di Indonesia adalah Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang menjadi peserta BPJS Kesehatan. Salah satu Rumah Sakit yang turut serta melaksanakan program JKN bagi peserta BPJS Kesehatan adalah RSUD Lukas Hilisimaetano Kabupaten Nias Selatan. Pelayanan kesehatan ini tentu akan memunculkan respon peserta, yang dilihat dari tiga variabel yaitu persepsi, sikap dan partisipasi. Mengingat kondisi ini, setiap peserta akan memberikan respon yang berbeda-beda terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Respon Peserta BPJS Kesehatan Mandiri terhadap Pelayanan Kesehatan di RSUD Lukas Hilisimaetano Kabupaten Nias Selatan. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif, yaitu membuat gambaran menyeluruh tentang bagaimana respon peserta BPJS Kesehatan Mandiri. Penelitian ini dilakukan di RSUD Lukas Hilisimaetano Kabupaten Nias Selatan dengan responden berjumlah 52 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan wawancara dengan responden. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah deskriptif, memeriksa data dari responden, kemudian dicari frekuensi dan persentasenya untuk disusun dalam bentuk tabel tunggal serta selanjutnya dijelaskan secara kualitatif dan menggunakan skala likert untuk mengukur variabel-variabelnya. Berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa secara rata-rata pelayanan kesehatan di RSUD Lukas Hilisimaetano mendapat respon positif dari peserta BPJS Kesehatan Mandiri dengan nilai 0,38. Terdiri dari persepsi dengan nilai 0,58, sikap dengan nilai 0,56 dan partisipasi dengan nilai -0,01. Peserta berharap pelayanan kesehatan perlu ditingkatkan mutu pelayanannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectRespon Peserta BPJS Kesehatanen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.titleRespon Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Mandiri Terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Lukas Hilisimaetano Kabupaten Nias Selatanen_US
dc.identifier.nimNIM110902085
dc.identifier.nidnNIDN0027097103
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI72201#Kesejahteraan Sosial
dc.description.pages148 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record