• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi pada Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara)

    View/Open
    Fulltext (5.030Mb)
    Date
    2014
    Author
    Panggabean, Helen Frida
    Advisor(s)
    Kariono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perpustakaan merupakan salah satu wahana belajar yang memiliki peran untuk mengembangkan minat, potensi dan budaya membaca serta membangkitkan kesadaran tentang pentingnya belajar tanpa batasan umur. Selain berperan dalam peningkatkan kecerdasan masyarakat, perpustakaan juga memiliki tugas dalam memberikan kualitas pelayanan kepada pengunjung.Kualitas pelayanan merupakansalah satu metode pengukuran terhadap bentuk layanan yang baik, artinya apakah pelayanan yang dilaksanakan pada sebuah organisasi tersebut memberikan kepuasan pada pemakai sesuai dengan harapan masyarakat.Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik maka akan menciptakan rasa kepuasan dan respon yang baik dari masyarakat. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisa kuantitatif, dimana teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dengan penerapan metode contingency coefficient. Dalam penelitian ini ditemukan gejala ketidakpuasan pengunjung terhadap pelayanan yang diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang Universitas Sumatera Utara xxi diberikan belum dapat memenuhi harapan pengunjung karena perpustakaan belum berperan secara optimal. Dalam analisis data secara keseluruhan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di BPAD-SU berada pada tingkat kurang baik. Analisis pada dimensi daya tanggap (responsiveness) dan empati (empathy) berada pada tingkatan baiksedangkan pada dimensi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability) dan jaminan (assurance) berada pada tingkatan kurangbaik.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61174
    Collections
    • Undergraduate Theses [1933]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV