Analisis Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi pada Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara)
Abstract
Perpustakaan merupakan salah satu wahana belajar yang memiliki peran
untuk mengembangkan minat, potensi dan budaya membaca serta membangkitkan
kesadaran tentang pentingnya belajar tanpa batasan umur. Selain berperan dalam
peningkatkan kecerdasan masyarakat, perpustakaan juga memiliki tugas dalam
memberikan kualitas pelayanan kepada pengunjung.Kualitas pelayanan
merupakansalah satu metode pengukuran terhadap bentuk layanan yang baik,
artinya apakah pelayanan yang dilaksanakan pada sebuah organisasi tersebut
memberikan kepuasan pada pemakai sesuai dengan harapan masyarakat.Dengan
adanya kualitas pelayanan yang baik maka akan menciptakan rasa kepuasan dan
respon yang baik dari masyarakat.
Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif
dengan analisa kuantitatif, dimana teknik pengambilan sampel dilakukan dengan
cara accidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
pengunjung Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera
Utara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dengan penerapan
metode contingency coefficient.
Dalam penelitian ini ditemukan gejala ketidakpuasan pengunjung terhadap
pelayanan yang diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang
Universitas Sumatera Utara
xxi
diberikan belum dapat memenuhi harapan pengunjung karena
perpustakaan belum berperan secara optimal. Dalam analisis data secara
keseluruhan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di BPAD-SU berada pada
tingkat kurang baik. Analisis pada dimensi daya tanggap (responsiveness) dan
empati (empathy) berada pada tingkatan baiksedangkan pada dimensi bukti fisik
(tangibles), keandalan (reliability) dan jaminan (assurance) berada pada tingkatan
kurangbaik.
Collections
- Undergraduate Theses [1933]