Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Minat Baca Mahasiswa (Studi pada Perpustakaan Universitas Sumatera Utara)
View/ Open
Date
2014Author
Simanjuntak, Lenni Marlina
Advisor(s)
Kariono
Metadata
Show full item recordAbstract
Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat
baca mahasiswa, dimana semakin tinggi kualitas yang diberikan maka minat baca
juga semakin tinggi. Apabila kepuasan diterima oleh pengunjung perpustakaan, maka
pengunjung akan semakin betah dan frekuensi untuk mengunjungi perpustakaan pun
semakin tinggi. Pelayanan yang berkualitas tentunya akan dapat memenuhi
kebutuhan pengunjung sesuai dengan harapan mereka. Berdasarkan pra penelitian
yang dilakuakn oleh penulis masih ada keluhan pengunjung atas sistem pelayanan
Perpustakaan USU. Keluhan tersebut seperti minimnya komputer yang fungsional,
pelayanan yang kurang cepat dalam menanggapi keluhan dan pertanyaan-pertanyaan
pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui
apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat baca mahasiswa pada
Perpustakaan Universitas Sumatera Utara.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
dektriptif dengan pendekatan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh pengunjung Perpustakaan Universitas Sumatera Utara dimana teknik
pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling dengan linear sederhana
untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat baca mahasiswa.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka hasilnya adalah terdapat
pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap minat baca.
Collections
- Undergraduate Theses [1933]