Perbedaan Tingkat Kepuasan Pelayanan Listrik Pintar (Prabayar) dengan Listrik Konfensioal (Pascabayar) pada PT PLN (Persero) Wilayah Sumatra Utara Ranting Medan Sunggal
View/ Open
Date
2013Author
Sigalingging, Ali Akbar
Advisor(s)
Ginting, Rasudyn
Metadata
Show full item recordAbstract
Listrik telah menjadi kebutuhan yang mendasar untuk berbagai aktifitas
manusia, yang kemudian digunakan untuk beragam fungsi kedepannya. Listrik
menjadikan manusia ketergantungan akan keberadaannya, tidak dapat dipungkiri
bahwa listrik merupakan tenaga yang dibutuhkan manusia dalam segala hal yang
mendukung aktifitas manusia. Adapun akhirnya peran dari pemerintah dalam
penyediaan listrik bagi masyarakat luas. Tidak heran jika pemerintah menguasai
kepentingan listrik dalam bentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk dapat
mengaturnya dengan baik untuk kepentingan bersama agar tidak terjadi monopoli
dalam kepentingan ini. Suatu perusahaan besar sebagai penyedia listrik untuk
masyarakat adalah PT. PLN, dimana perusahaan listrik milik negara ini telah banyak
memberikan kontribusi yang besar dalam memasok kebutuhan listrik untuk
masyarakat
PT. PLN (persero) menyadari kebutuhan listrik masyarakat yang semakin
ketergantungan akan adanya tenaga listrik, dengan terus melakukan berbagai kajian
untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan menawarkan berbagai program layanan.
Seiring berjalannya waktu dan untuk mengembangkan pelayanan suatu perusahaan
maka dibuatlah suatu inovasi demi mempertahankan eksistensi dan juga untuk
kemajuan serta pengembangan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Bentuk inovasi yang diciptakan oleh PT. PLN adalah dengan mengeluarkan program
listrik pintar (prabayar). Setiap penggunaan listrik PLN, tentunya mempunyai
harapan khususnya dalam pelayanan administrasi maupun listrik. Masyarakat tentu
menginginkan supaya kontinuitas dan kualitas pelayanan listrik PLN dapat dijamin.
Namun dalam operasional pelayanan tidak dapat dihindari terjadinya kesalahan
administrasi maupun gangguan teknis. Hal semacam inilah yang dapat menimbulkan
ketidakpuasan pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Perbedaan Tingkat
Kepuasan Pelayanan Listrik Pintar (Prabayar) Dengan Listrik Konfensioal
(Pascabayar) pada PT.PLN (Persero) Wilayah Sumatra Utara Ranting Medan
Sunggal. Dalam penelitian ini akan tampak perbedaan tingkat kepuasan pelayanan
listrik pintar
Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa adanya perbedaan
tingkat tingkat kepuasan pelanggan PT. PLN (persero) Medan Sunggal.
Collections
- Undergraduate Theses [1933]