Show simple item record

dc.contributor.authorTarigan, Yerubel
dc.date.accessioned2022-11-17T03:36:00Z
dc.date.available2022-11-17T03:36:00Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61235
dc.description.abstractDerajat kesehatan masyarakat miskin yang masih rendah diakibatkan karena sulitnya akses pelayanan kesehatan dan mahalnya biaya kesehatan. Pemerintah menjamin akses penduduk miskin terhadap pelayanan kesehatan melalui pelaksanaan kebijakan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin (Jamkesmas). Puskesmas Batu VI Kecamatan Siantar melaksanakan program jaminan kesehatan kepada masyarakat miskin dalam hal memberikan pelayanan kesehatan. antara lain pemberian obat, Pelayanan Rawat Jalan Tindak Lanjuran (RJTL) yang mencakup tindakan pelayanan obat, penunjang diagnostik, pelayanan darah serta pelayanan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun terhadap pelaksanaan program jaminan kesehatan masyarakat di Puskesmas. Respon diartikan suatu tingkah laku atau sikap yang berwujud baik sebelum pemahaman yang mendetail, penilaian, pengaruh atau penolakan, suka atau tidak serta pemanfaatan pada suatu fenomena tertentu. Tipe penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif, dengan populasi sebanyak 1548 orang, yang menjadi sampel 94 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Taro Yamane. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data adalah menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa respon pengguna Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Batu VI adalah positif atau baik. Hal ini terlihat dari jawaban-jawaban responden yang bersifat positif atas pertanyaan yang diajukan oleh peneliti seperti seberapa besar pelaksanaan jamkesmas meningkatkan kesehatan masyarakat, bagaimana sikap responden terhadap adanya program jamkesmas, intensitas responden memanfaatkan pelayanan jamkesmas, kepedulian dokter terhadap penyakit pasien, keramahan petugas saat melayani pasien, kemampuan dokter dalam menjelaskan penyakit pasien, prosedur administrasi, mutu pelayanan dan tingkat kepuasan pasien terhadap pelaksanaan program jamkesmas di Puskesmas Batu VI.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectResponen_US
dc.subjectProgram Jamkesmasen_US
dc.titleRespon Masyarakat terhadap Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat oleh Puskesmas Batu Vi Kecamatan Siantaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM040902033
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI72201#Ilmu Kesejahteraan Sosial
dc.description.pages83 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record