Multi Level Marketing (Studi Life History 3 Orang Mantan Anggota PT Sophie Paris di Kota Medan)
Abstract
Bisnis multi level marketing (MLM) adalah salah satu bisnis yang
menggunakan sistem penjualan langsung kepada pelanggan melalui jaringan
pemasaran bertingkat (perluasan jaringan yang dilakukan oleh member). Bisnis
jaringan atau yang lebih sering dikenal MLM merupakan salah satu bisnis yang sudah
ada sejak lama yakni di tahun 1940. Di Indonesia sendiri, bisnis pemasaran jaringan
mulai ada sejak tahun 1986. Adapun yang menjadi permasalahan yang dikaji dalam
skripsi ini yaitu tentang life history 3 (tiga) orang mantan anggota yang pernah
mengikuti bisnis jaringan ini dari awal yang menyebabkan mereka mengikuti bisnis
jaringan ini sampai kepada tidak aktifnya anggota ini di MLM yang digelutinya.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
studi life history. Dengan tahapan pra-lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data dan
diakhiri dengan tahap penulisan laporan penelitian. Untuk mendapatkan data, peneliti
menggunakan teknik wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap para
informan terkait mengenai perjalanan hidup mereka dalam mengikuti bisnis MLM
ini. Dalam melakukan penelitian ini, dipergunakan alat-alat bantu berupa voice note
recorder dari handphone serta menggunakan kamera sebagai alat dokumentasi di
lapangan, tidak lupa juga menggunakan pedoman wawancara atau interview guide
terhadap para informan.
Permasalahan yang dibahas dalam tulisan ini adalah apa penyebab para
mantan anggota ini dulunya bergabung dalam bisnis jaringan MLM, apa yang mereka
alami setelah bergabung, bagaimana cara kerjanya, apa kendala yang mereka alami
setelah menjadi anggota, dan apa yang menyebabkan mereka keluar atau tidak aktif
lagi dalam bisnis jaringan di PT Sophie Paris tersebut.
Kesimpulan dari hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa bisnis jaringan
yang kebanyakan orang menganggap mudah, ternyata setelah kita menjalankannya
tidak semudah dengan apa yang kita telah kita ungkapkan sebelum menjadi
anggota/member. Banyak kerumitan, uji mental dan juga uji handalan dalam
menjalankannya seperti susahnya membagi waktu antara pekerjaan rutinitas dan juga
sampingan di bisnis jaringan ini, rumitnya mencari member baru, tidak cakap atau
handalnya dalam menyampaikan informasi terkait mengenai bisnis jaringan tersebut,
perekonomian yang semakin hari semakin merosot, serta kualitas dan mutu dari
produk-produk yang ditawarkan terkadang tidak sesuai dan membuat konsumen
kecewa.
Collections
- Undergraduate Theses [939]