dc.description.abstract | Pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa sangat erat kaitannya dengan
proses perkuliahan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi. Hal ini karena saat
perkuliahan dosen cenderung hanya menyampaikan materi perkualiahan secara garis
besarnya saja, sedangkan untuk detailnya mahasiswa diminta mengolah buku-buku
yang ada di perpustakaan dan kemudian mata kuliah itu diseminarkan atau
didiskusikan. Namum, frekuensi kehadiran mahasiswa ke perpustakaan dipengaruhi
oleh pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan. Pelayanan perpustakaan yang
merupakan aktifitas perpustakaan dalam memberikan jasa layanan kepada pengguna
perpustakaan, khususnya pada anggota perpustakaan dapat berupa pada penyediaan
fasilitas. Jumlah jenis atau macam layanan pengguna perpustakaan yang dapat
diberikan kepada pengguna perpustakaan sesungguhnya cukup banyak. Namun
semua layanan tersebut penyelenggaraannya haruslah disesuaikan dengan kondisi
tenaga perpustakaan dan kebutuhan penggunanya.
Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan perguruan tinggi yang
berprestasi di Indonesia. Universitas Sumatera Utara (USU) memiliki mahasiswa
dalam jumlah yang besar dan banyak tenaga pendidik (dosen) yang dituntut untuk
melakukan pekerjaan dengan baik sehingga terlihat prestasi mahasiswa dalam proses
belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan. Perpustakaan yang merupakan
sumber belajar bagi mahasiswa untuk mendapatkan berbagai informasi tentunya
mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui manfaat pelayanan perpustakaan, untuk mengetahui prestasi
belajar mahasiswa, dan untuk mengetahui pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap
prestasi belajar mahasiswa USU.
Dalam penelitian ini hipotesis yang dikemukakan adalah; “Pelayanan
Perpustakaan Berpengaruh Positif terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Di
Universitas Sumatera Utara (USU)”. Data diperoleh dari 95 responden. Dari hasil
penyebaran kuesioner tipe pertanyaan tertutup dengan menggunakan teknik random
sampel, kemudian data dianalisa melalui analisa product moment, pengujian
hipotesis uji t dan analisa koefisien determinan. Data disajikan dalam bentuk analisa
kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pelayanan perpustakaan berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa dan pengaruhnya berada pada
tingkat sedang. Ini terbukti dengan perhitungan koefisien korelasi product moment
sebesar 0,492. Dari pengujian hipotesis uji t diperoleh bahwa t hitung > t tabel atau
5,45 > 1,685 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya dengan
perhitungan koefisien determinan diperoleh hasil sebesar 24,2% yang berarti bahwa
pelayanan perpustakaan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa
sebesar 24,2% dan 75,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dibahas dalam
penelitian ini. | en_US |