Show simple item record

dc.contributor.advisorSembiring, Robinson
dc.contributor.authorSilalahi, Marya Sela Nita
dc.date.accessioned2022-11-18T06:15:11Z
dc.date.available2022-11-18T06:15:11Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61630
dc.description.abstractReformasi pelayanan publik merupakan suatu proses yang panjang dan tidak dapat dipisahkan dengan reformasi administrasi. Reformasi administrsi ini sendiri sudah mulai dikembangkan dari masa pemerintahan presiden Soekarno dengan adanya perhatian khusus untuk ilmu administrasi negara, dimana kemudian penemuan-penemuan baru di bidang adminitrasi negara akan mengantarkan kita pada reformasi pelayanan publik yang ada saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses reformasi pelayanan publik yang terjadi di SAMSAT Medan Selatan, peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor di SAMSAT Medan Selatan serta hubungan antara reformasi pelayanan publik dengan peningkatan pajak kendaraan bermotor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif . Data-data diperoleh dengan wawancara, penyebaran kuesioner serta observasi di lapangan. Kemudian data diolah menggunakan teknik analisa data kualitatif, yaitu analisa terhadap data yang diperoleh berdasarkan kemampuan nalar peneliti dalam menghubungkan fakta, informasi dan data. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa telah terjadi reformasi pelayanan publik melalui perbaiakn sistem dan prosedur serta perubahan perilaku pemberi layanan dimana para pemberi layanan semakin mendekatkan diri kepada wajib pajak yang tercermin dari sikap ramah yang ditunjukkan pegawai kepada masyarakat guna meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor. Akan tetapi, jika dilihat dari orientasi pegawai dalam melakukan pekerjaan, belum dapat sepenuhnya mencerminkan reformasi pelayanan publik karena pegawai masih berorientasi kepada intensif yang akan diterima, belum sepenuhnya beorientasi kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat. Sehubungan dengan upaya SAMSAT dalam meningkatkan penerimaan pajak kendaraan bermotor, terjadi peningkatan penerimaan pajak kendaraan bermotor setiap tahunnya yang disebabkan oleh kenaikan tarif pajak dan jumlah peningkatan jumlah masyarakat sadar pajak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.titleHubungan Reformasi Pelayanan Publik terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak Kendaran Bermotor (Studi pada Samsat Medan Selatan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM070903059
dc.identifier.nidnNIDN0020046003
dc.identifier.kodeprodikodeprodi:KODEPRODI63201#Ilmu Adminitrasi Publik
dc.description.pages126 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record