• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dalam Proses Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada Dinas Kependudukan Kota Medan

    View/Open
    Fulltext (4.037Mb)
    Date
    2011
    Author
    Fikri, Idil
    Advisor(s)
    Kariono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) merupakan sebuah sistem informasi yang dibangun untuk mendukung proses administrasi kependudukan yang meliputi pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.Melalui sistem ini diharapkan akan terwujudnya database kependudukan nasional secara bertahap.Dalam rangka meningkatkan sistem pelayanan administrasi kependudukan bagi seluruh warga Medan Pemko medan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah menerapkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) online.Hingga saat ini jaringan SIAK telah terhubung di 21 kecamatan di Kota Medan.Dengan adanya sistem ini diharapkan akan meningkatkan sistem pelayanan administrasi kependudukan bagi seluruh warga Kota Medan, termasuk di dalamnya peningkatan pelayanan masyarakat dalam pengurusan kartu tanda penduduk (KTP) yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan menggambarkan pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) kepada masyarakat. Dalam penelitian ini juga akan dilihat realisasi pelayanan yang diberikan untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan pemerintah. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bentuk deskriptif dengan analisa data kualitatif, unit analisis yang terdiri dari informan kunci yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan, informan utama yaitu Kepala Sub bagian Penyusunan Program, dan Kepala Bidang Kependudukan. Sedangkan Informan Tambahan adalah lima orang pegawai yang bertindak sebagai operator SIAK. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pelaksanaan SIAK di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan secara umum telah terlaksana dengan cukup baik dan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang, walaupun masih terdapat hambatan-hambatan di beberapa hal. Dimana dapat dilihat bahwa pelayanan dan fasilitas yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sudah dapat dikatakan baik.Akan tetapi pelaksanaannya belum maksimal karena catatan kependudukan masih menjadi persoalan.Oleh karena itu pelaksanaannya perlu dimaksimalkan lagi untuk pencapaian yang lebih baik .
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61643
    Collections
    • Undergraduate Theses [1928]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV