Show simple item record

dc.contributor.advisorKariono
dc.contributor.authorFikri, Idil
dc.date.accessioned2022-11-18T06:29:54Z
dc.date.available2022-11-18T06:29:54Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61643
dc.description.abstractSistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) merupakan sebuah sistem informasi yang dibangun untuk mendukung proses administrasi kependudukan yang meliputi pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.Melalui sistem ini diharapkan akan terwujudnya database kependudukan nasional secara bertahap.Dalam rangka meningkatkan sistem pelayanan administrasi kependudukan bagi seluruh warga Medan Pemko medan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil telah menerapkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) online.Hingga saat ini jaringan SIAK telah terhubung di 21 kecamatan di Kota Medan.Dengan adanya sistem ini diharapkan akan meningkatkan sistem pelayanan administrasi kependudukan bagi seluruh warga Kota Medan, termasuk di dalamnya peningkatan pelayanan masyarakat dalam pengurusan kartu tanda penduduk (KTP) yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan menggambarkan pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) kepada masyarakat. Dalam penelitian ini juga akan dilihat realisasi pelayanan yang diberikan untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan pemerintah. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bentuk deskriptif dengan analisa data kualitatif, unit analisis yang terdiri dari informan kunci yaitu Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan, informan utama yaitu Kepala Sub bagian Penyusunan Program, dan Kepala Bidang Kependudukan. Sedangkan Informan Tambahan adalah lima orang pegawai yang bertindak sebagai operator SIAK. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pelaksanaan SIAK di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan secara umum telah terlaksana dengan cukup baik dan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang, walaupun masih terdapat hambatan-hambatan di beberapa hal. Dimana dapat dilihat bahwa pelayanan dan fasilitas yang diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sudah dapat dikatakan baik.Akan tetapi pelaksanaannya belum maksimal karena catatan kependudukan masih menjadi persoalan.Oleh karena itu pelaksanaannya perlu dimaksimalkan lagi untuk pencapaian yang lebih baik .en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectImplementasi Kebijakanen_US
dc.subjectSIAKen_US
dc.titleImplementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dalam Proses Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada Dinas Kependudukan Kota Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM060903055
dc.identifier.nidnNIDN0019066105
dc.identifier.kodeprodikodeprodi:KODEPRODI63201#Ilmu Adminitrasi Publik
dc.description.pages125 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record