Standarisasi Ujian Nasional dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kota Medan (Studi pada Kantor Dinas Pendidikan Kota Medan)
Abstract
Sektor pendidikan merupakan sektor yang sangat penting dan strategis, sebab
sumber daya manusia yang sehat akan berpengaruh terhadap bidang lainnya. Peningkatan
kualitas sumber daya manusia juga berpengaruh terhadap kelanjutan dan kemajuan bangsa,
serta indikator majunya suatu bangsa dapat terlihat dari tingkat pendidikan penduduk.
Pembangunan yang telah direncanakan sesempurna apapun tidak akan terlaksana dengan
baik jika tidak memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, hal ini dikarenakan subyek
daripada pembangunan adalah manusia.
Pendidikan merupakan salah satu proses pendewasaan. Masyarakat berharap
melalui pendidikan menjadikan kehidupan lebih baik. Berbagai cara dilakukan dalam
proses belajar – mengajar agar mendapatkan hasil yang optimal, mulai dari penyusunan
program sampai evaluasi dan perbaikan. Masyarakat atau pengguna dari hasil pendidikan
umumnya hanya melihat dari satu sisi bahwa keberhasilan pendidikan ditentukan oleh hasil
ujian nasional. Padahal jika dikaji lebih lanjut, hampir sebagian besar materi ujian nasional
hanya mengevaluasi aspek kognitif (Danim, 2005).
Terlepas apakah ujian itu bisa mewakili secara keseluruhan atau sebagian bagi
penilaian siswa, yang menjadi permasalahan sekarang adalah apakah ujian nasional itu
perlu dilaksanakan atau tidak dalam kajian peningkatan kualitas pendidikan. Siapa yang
bertanggung jawab atas pelaksanaan tersebut? Berdasarkan sejarah, penilaian pada akhir
jenjang pendidikan selalu dilakukan dengan ujian akhir, baik bersifat nasional atau lokal.
Collections
- Undergraduate Theses [1922]