Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Riau Kepri Taluk Kuantan (Studi pada Bank Riau Kepri Taluk Kuantan)
Abstract
Kualitas pelayanan sangat dipengaruhi oleh tingkat kepuasan pada nasabah.
Kualitas itu harus di lakukan secara efesien mungkin. Kemampuan kepuasan nasabah
dalam memberikan pelayanan kepada nasabah harus mengarah kepada pencapaian tujuan
organisasi yang telah direncanakan. Mengingat bahwa Bank merupakan suatu bentuk
pelayanan jasa yang di untuk kan bagi masyarakat agar terbantu dalam keuangan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Riau Kepri Cabang Teluk Kuantan, untuk
mengetahui bagaimana pelayanan publik yang diberikan di Bank Riau Kepri Cabang
Teluk kuanta serta untuk mengetahui adakah Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Nasabah di Bank Riau Kepri Cabang Teluk KuantanKantor.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional
dengan analisa kuantitatif. Adapun metode korelasional adalah metode penelitian yang
meneliti hubungan antara variabel-variabel yang ada. Metode korelasional bertujuan
meneliti sejauh mana variabel yang satu memiliki hubungan sebab akibat dengan variabel
yang lain. Data yang diperoleh dengan menyebarkan angket kepada responden sebnayak
60 orang yang terpilih menjadi sampel. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan
koefisien korelasi product moment yang dilanjutkan dengan uji determinasi.
Berdasarkan hasil analisa Korelasi Produt Moment terdapat pengaruh yang positif
antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Riau Kepri Cabang
Teluk Kuantan dengan korelasi 0,71. Berdasarkan interpretasi tersebut maka pengaruh
kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah berada pada kategori tinggi. Hal ini
memperlihatkan bahwa koefisien korelasi signifikan dan hipotesa yang diajukan dalam
penelitian ini dapat diterima. Selanjutnya dengan perhitungan koefisien determinasi
diperoleh bahwa terdapat pengaruh pencapaian kualitas pelayanan publik adalah sebesar
50,41 %, sedangkan 49,59 % lagi dipengaruhi oleh faktor yang tidak dibahas dalam
penelitian ini.
Collections
- Undergraduate Theses [1922]