• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Motivasi Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Kelurahan Titi Rantai Kecamatan Medan Baru Kota Medan)

    View/Open
    Fulltext (1.902Mb)
    Date
    2008
    Author
    S., Elisabeth Desy Natalia
    Advisor(s)
    Nasution, Beti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pegawai memerlukan motivasi kerja yang kuat agar bersedia melaksanakan pekerjaan secara bersemangat, berkinerja pegawai tinggi dan produktif. Untuk memotivasi pegawai, pimpinan organisasi harus mengetahui motif dan motivasi yang diinginkan oleh para pegawai. Pelayanan publik merupakan pelayanan yang professional, efektif, efisien, sederhana, transparan, terbuka, tepat waktu, responsif dan sesuai dengan keinginan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik pada pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data-data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang berjumlah 80 orang ditambah 5 orang pegawai Kelurahan Titi Rantai. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan menggunakan koefisien korelasi product moment yang dilanjutkan dengan uji determinasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa motivasi kerja pegawai mempunyai pengaruh yang positif terhadap kualitas pelayanan publik dan pengaruhnya berada pada kategori yang sedang. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan koefisien korelasi product moment sebesar 0,4778. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dinyatakan r hitung yaitu 0,4778 lebih besar dari r tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,213. Ini berarti bahwa hipotesa kerja dapat diterima. Selanjutnya dengan perhitungan uji determinan diperoleh hasil sebesar 22,8%, yang artinya bahwa kualitas pelayanan publik dipengaruhi oleh motivasi kerja pegawai sebesar 22,8% sedangkan selebihnya 77,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61782
    Collections
    • Undergraduate Theses [1922]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV