dc.description.abstract | Pegawai memerlukan motivasi kerja yang kuat agar bersedia
melaksanakan pekerjaan secara bersemangat, berkinerja pegawai tinggi dan
produktif. Untuk memotivasi pegawai, pimpinan organisasi harus mengetahui
motif dan motivasi yang diinginkan oleh para pegawai. Pelayanan publik
merupakan pelayanan yang professional, efektif, efisien, sederhana, transparan,
terbuka, tepat waktu, responsif dan sesuai dengan keinginan masyarakat.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
motivasi kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik pada pembuatan Kartu
Tanda Penduduk di Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif. Data-data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden
yang berjumlah 80 orang ditambah 5 orang pegawai Kelurahan Titi Rantai.
Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan menggunakan koefisien korelasi
product moment yang dilanjutkan dengan uji determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil
bahwa motivasi kerja pegawai mempunyai pengaruh yang positif terhadap
kualitas pelayanan publik dan pengaruhnya berada pada kategori yang sedang. Hal
ini terbukti dengan hasil perhitungan koefisien korelasi product moment sebesar
0,4778. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dinyatakan r hitung yaitu 0,4778
lebih besar dari r tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,213. Ini berarti bahwa
hipotesa kerja dapat diterima. Selanjutnya dengan perhitungan uji determinan
diperoleh hasil sebesar 22,8%, yang artinya bahwa kualitas pelayanan publik
dipengaruhi oleh motivasi kerja pegawai sebesar 22,8% sedangkan selebihnya
77,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. | en_US |