Analisis Perbandingan Kinerja antara Pegawai Tetap dengan Karyawan Outsourcing (Studi Kasus pada PT.PLN (Persero Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan Sumatera Utara, Aceh dan Riau di Medan)
View/ Open
Date
2008Author
B, Monica Theodora
Advisor(s)
Nasution, Beti
Metadata
Show full item recordAbstract
Kinerja merupakan “hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh
seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang
diberikan kepadanya didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta
waktu ”.
Outsourcing merupakan salah satu hasil samping dari business process
reengineering (BPR), yaitu pendekatan baru dalam manajemen yang bertujuan
meningkatkan kinerja dan perubahan pengelolaan secara mendasar oleh suatu
perusahaan yang bukan sekedar bersifat perbaikan tetapi juga bertujuan meningkatkan
kinerja. BPR dilakukan untuk memberikan respons atas perkembangan teknologi yang
pesat, yang menimbulkan persaingan global yang sangat ketat
Dengan adanya pelaksanaan outsourcing pada PT.PLN (Persero) Proyek Induk
Pembangkit dan Jaringan Sumatera Utara, Aceh dan Riau diharapkan dapat
meningkatkan kinerja baik itu para pegawai tetap maupun karyawan outsourcing itu
sendiri, yang dapat dilihat dari prestasi kerja, ketaatan untuk melaksanakan peraturan
perundang-undangan yang berlaku, tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dan
tanggung jawab, kerjasama karyawan, prakarsa dan kesetiaan karyawan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana persepsi
karyawan outsourcing dan bagaimana persepsi pegawai tetap terhadap kondisi kerja
yang dialami tenaga kerja dan untuk menjelaskan apakah ada perberdaan kinerja
antara karyawan outsourcing dengan pegawai tetap yang mempunyai status berbeda
dalam PT.PLN (Persero) Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan Sumatera Utara,
Aceh dan Riau. Disamping itu juga untuk menjelaskan apakah kondisi kerja (X)
berpengaruh secara positif terhadap kinerja karyawan (Y)
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dan data dikumpulkan dengan cara
menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan tabel
frekuensi dan uji statistik dan kemudian diuraikan secara deskriptif.
Permasalahan pertama dianalisa dengan menggunakan tabel frekuensi,
permasalahan kedua dianalisa dengan menggunakan rumus Chi-square dan
permasalahan ketiga dianalisis dengan menggunakan regresi linier
sederhana.diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebesar 146
orang sebagai sampel, dengan pembagian 73 orang pegawai tetap dan 73 orang
karyawan outsourcing.
Collections
- Undergraduate Theses [1922]