Show simple item record

dc.contributor.advisorMakmur, Mariana
dc.contributor.authorIndriani, Indriani
dc.date.accessioned2022-11-18T07:42:43Z
dc.date.available2022-11-18T07:42:43Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61803
dc.description.abstractSkripsi ini mendeskripsikan : Budaya Korporasi PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk di Medan. Penelitian ini berlokasi di Kantor Pusat PT. PP London Sumatra Indonesia di Medan, Rambong Sialang Estate dan Begerpang Palm Oil Mill. Kajian ini menjelaskan tentang budaya korporasi perusahaan Lonsum yang mampu membuat perusahaan ini bertahan dan berkembang sampai sekarang. Budaya korporasi perusahaan yang tidak lantas dapat diterima begitu saja oleh para karyawan, mengalami suatu proses sosialisasi agar karyawan dapat memahami apa yang menjadi nilai, visi serta misi perusahaan tersebut. Tujuan penelitian adalah bagaimana mendeskripsikan budaya korporasi PT. Lonsum di Medan serta proses sosialisasi berikut penerapannya oleh setiap elemen yang terlibat dalam perusahaan demi tercapainya tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode etnografis dengan wawancara serta observasi untuk teknik pengumpulan data yang digunakan. Wawancara yang dilakukan adalah wawancara mendalam dan wawancara tak berstruktur. Wawancara mendalam dilakukan dengan informan kunci sebanyak 9 orang. Wawancara tak berstruktur namun fokus digunakan untuk memperoleh keterangan dari informan biasa. Selain wawancara digunakan juga observasi partisipasi yang mengharuskan peneliti berada ditempat penelitian yaitu kebun, pabrik serta kantor. Observasi yang dilakukan dengan mengamati kegiatan-kegiatan apa yang menjadi ritual, kegiatan sehari-hari para karyawan dalam proses kerja serta proses sosialisasi yang dilakukan oleh perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya korporasi merupakan suatu aturan yang sudah baku yang dirumuskan oleh para pendiri perusahaan yang menjadikannya ciri khas PT. Lonsum dalam menjalankan kegiatan perusahaan demi terwujudnya tujuan perusahaan. Perusahaan tidak dapat langsung menanamkan nilai-nilai budaya korporat tanpa terlebih dahulu melalui proses pembelajaran atau sosialisasi yang berwujud pelatihan-pelatihan yang diberikan pada karyawan baru. Sayangnya proses sosialisasi nilai-nilai tersebut hanya identik diberikan untuk karyawan atau staf baru. Para karyawan atau staf yang mengalami kenaikan pangkat itu biasanya hanya diberi pelatihan-pelatihan yang berkenaan dengan kepemimpinan dan manajemen.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectBudaya Korporaten_US
dc.subjectSosialisasien_US
dc.subjectNilai-nilaien_US
dc.subjectLonsumen_US
dc.titleBudaya Korporasi PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk di Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM070905019
dc.identifier.nidnNIND0002025804
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI82201#Antropologi Sosial
dc.description.pages152 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record