Strategi Promosi Dalam Pengembangan Sektor Kepariwisataan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Solok Sumatera Barat
View/ Open
Date
2013Author
Aprizandra, Yamen Soni
Advisor(s)
Batubara, Alwi Hashim
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembangunan sektor kepariwisataan merupakan salah satu sektor unggulan
(leading sector) dalam politik dan perekonomian Nasional dan Daerah yang
senantiasa perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Melihat keadaan sektor
pariwisata di Kabupaten Solok yang mempunyai objek wisata yang menjanjikan
maka perlu adanya pengembangan di sektor pariwisata. Dengan adanya promosi
yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dapat menjadikan
Kabupaten Solok lebih berkembang. Serta dikenal oleh masyarakat Indonesia
hingga mancanegara. Tetapi kenyataannya masih ada juga wisatawan domestik
dan mancanegara yang tidak mengenal objek wisata yang ada di Kabupaten
Solok. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang Strategi Promosi
dalam Pengembangan Sektor Kepariwisataan.
Adapun tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana strategi promosi dalam pengembangan sektor kepariwisataan.Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif.Penelitian ini dilakukan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Arosuka, Kabupaten Solok Sumatera
Barat, alasan peneliti mengambil dinas tersebut karena persoalahan objek wisata
serta strategi promosi serta pengembangannya dikelola sepenuhnya oleh dinas
kebudayaan dan pariwisata. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan
melakukan wawancara dan pengamatan langsung (observasi). Kemudian
menyajikan data dalam bentuk penyajian data dengan teks yang bersifat naratif.
Hasil penelitian yaitu Strategi Promosi dalam Pengembangan Sektor
Kepariwisataan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok belum
maksimal, akan tetapi strategi-strategi baru yang perlu di lakukan sudah
dijalankan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.
Collections
- Undergraduate Theses [1922]