• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Wanita dan Kosmetika (Studi Etnografi Tentang Mahasiswi FISIP USU Terhadap Pemilihan Kosmetik Berlabel Halal)

    View/Open
    fulltext (1.632Mb)
    Date
    2018
    Author
    Nasution, Chayrinnisha
    Advisor(s)
    Savitri, Nita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini berjudul Wanita dan Kosmetika (Studi Etnografi Tentang Mahasiswi FISIP USU Terhadap Pemilihan Kosmetik Berlabel Halal), yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemilihan kosmetik berlabel halal dikalangan mahasiswi. Pemilihan yang dimaksud ialah bagaimana keputusan yang dilakukan mahasiswi sebelum membeli dan menggunakan kosmetik serta faktor-faktor yang memengaruhi niat dalam memilih, termasuk kehalalan dari produk kosmetik. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan untuk memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara. Peneliti tidak melakukan observasi partisipasi dalam penelitian yakni penulis tidak ikut terlibat langsung di lapangan. Dengan tujuan mengetahui pemilihan kosmetik berlabel halal di kalangan mahasiswi. Wawancara yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan menggunakan interview guide sebagai pedoman dalam melakukan wawancara. Dalam menemukan data, peneliti mencari informan yang menggunakan produk kosmetik dari berbagai jurusan yang merupakan mahasiswi FISIP USU. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecantikan merupakan hal yang didambakan bagi setiap mahasiswi, kosmetik merupakan salah satu cara yang digunakan mahasiswi untuk menutup kekurangan yang ada pada diri mereka sehingga akan mendapatkan kecantikan yang lebih maksimal, Selain itu kepercayaan diri pada mahasiswi meningkat ketika menggunakan kosmetik, agar diterima di lingkungan pergaulan juga menjadi alasan mahasiswi menggunakan kosmetik. aspek yang paling penting bagi mahasiswi dalam memilih kosmetik yaitu harga, kualitas dan kehalalan produk. Halal menjadi pilihan mahasiswi karena adanya alasan faktor agama dan faktor kualitas. Bagi mahasiswi faktor agama merupakan kewajiban yang harus ditaati dalam menggunakan sesuatu yang halal sedangkan kualitas produk, mereka beranggapan bahwa dengan memilih kosmetik berlabel halal mereka merasa yakin bahwa produk tersebut aman dan menimbulkan kenyamanan ketika menggunakannya.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/6183
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV