Wanita dan Kosmetika (Studi Etnografi Tentang Mahasiswi FISIP USU Terhadap Pemilihan Kosmetik Berlabel Halal)
View/ Open
Date
2018Author
Nasution, Chayrinnisha
Advisor(s)
Savitri, Nita
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berjudul Wanita dan Kosmetika (Studi Etnografi Tentang
Mahasiswi FISIP USU Terhadap Pemilihan Kosmetik Berlabel Halal), yang
bertujuan untuk mendeskripsikan pemilihan kosmetik berlabel halal dikalangan
mahasiswi. Pemilihan yang dimaksud ialah bagaimana keputusan yang dilakukan
mahasiswi sebelum membeli dan menggunakan kosmetik serta faktor-faktor yang
memengaruhi niat dalam memilih, termasuk kehalalan dari produk kosmetik.
Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan untuk memperoleh data
yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara. Peneliti
tidak melakukan observasi partisipasi dalam penelitian yakni penulis tidak ikut
terlibat langsung di lapangan. Dengan tujuan mengetahui pemilihan kosmetik
berlabel halal di kalangan mahasiswi. Wawancara yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan menggunakan interview guide
sebagai pedoman dalam melakukan wawancara. Dalam menemukan data, peneliti
mencari informan yang menggunakan produk kosmetik dari berbagai jurusan yang
merupakan mahasiswi FISIP USU.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecantikan merupakan hal yang
didambakan bagi setiap mahasiswi, kosmetik merupakan salah satu cara yang
digunakan mahasiswi untuk menutup kekurangan yang ada pada diri mereka
sehingga akan mendapatkan kecantikan yang lebih maksimal, Selain itu
kepercayaan diri pada mahasiswi meningkat ketika menggunakan kosmetik, agar
diterima di lingkungan pergaulan juga menjadi alasan mahasiswi menggunakan
kosmetik. aspek yang paling penting bagi mahasiswi dalam memilih kosmetik
yaitu harga, kualitas dan kehalalan produk. Halal menjadi pilihan mahasiswi
karena adanya alasan faktor agama dan faktor kualitas. Bagi mahasiswi faktor
agama merupakan kewajiban yang harus ditaati dalam menggunakan sesuatu yang
halal sedangkan kualitas produk, mereka beranggapan bahwa dengan memilih
kosmetik berlabel halal mereka merasa yakin bahwa produk tersebut aman dan
menimbulkan kenyamanan ketika menggunakannya.
Collections
- Undergraduate Theses [939]