Kualitas Pelayanan Publik Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirta Wampu Unit Pangkalan Berandan Kabupaten Langkat – Sumatera Utara
View/ Open
Date
2012Author
Ramadhan, Rizky
Advisor(s)
Sihombing, Marlon
Metadata
Show full item recordAbstract
Sebagai sebuah organisasi publik yang terkait dengan pelaksanaan fungsi
pelayanan, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai salah satu lembaga
publik dalam pelayaan penyediaan air bersih (minum) dituntut tingkat kualitas
pelayanannya melalui peningkatan kinerja operasional para pegawai. Perusahaan
Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wampu, Kabupaten Langkat saat ini beroperasi
dalam kondisi yang kurang sehat, baik dalam aspek teknis maunpun non-teknis.
Dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan publiknya, sebagai gambaran atau
operasional pelayanan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Langkat,
terindikasi masih rendahnya kualitas pelayanan perusahaan ini, yakni dalam
kemampuan perusahaan menyalurkan air bersih (minum) atas kebutuhan
pelanggan (masyarakat) yang semakin meningkat. Penyaluran air yang terkadang
jorok atau keruh, serta seringnya air tidak keluar di daerah tertentu. Menyebabkan
pelayanan yang diberikan belum sepenuhnya maksimal memuaskan masyarakat.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan
Publik Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wampu Unit
Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat – Sumatera Utara, yang dilihat dari
dimensi Tangible (Bukti fisik), Reliability (kehandalan), Responsive ( daya
tanggap), Assurance (jaminan), Emphaty (kemampuan dalam memahami).
Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan
kunci dan informan biasa, dimana informan kunci terdiri dari kepala unit PDAM
Tirta Wampu Pangkalan Brandan, staf pegawai dan direktur PDAM Tirta Wampu,
dan informan biasa terdiri dari pelanggan/masyarakat pengguna jasa PDAM Tirta
Wampu.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa Kualitas
Pelayanan Publik Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Wampu
Unit Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat – Sumatera Utara yang dilihat dari
dimensi Tangible (Bukti fisik), Reliability (kehandalan), Responsive ( daya
tanggap), Assurance (jaminan), Emphaty (kemampuan dalam memahami), belum
dapat dicapai oleh PDAM Tirta Wampu Unit Pangkalan Brandan. Hasil penelitian
di lapangan menunjukkan bahwa, fokus pelayanan PDAM Tirta Wampu masih
berfokus pada kuantitas, belum berorientasi pada kualitas. Terutama pada
indikator tangible, PDAM harus berupaya lagi dalam meningkatkan mutu air dan
fasilitas-fasilitas lainnya terkait penyelenggaraan pelayanan public.
Collections
- Undergraduate Theses [1922]