Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Mastauli
dc.contributor.authorSipayung, Nova Elisabeth
dc.date.accessioned2022-11-18T08:26:28Z
dc.date.available2022-11-18T08:26:28Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61890
dc.description.abstractKemiskinan lazimnya dilukiskan sebagai kurangnya pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti: papan, pakaian, tempat berteduh, dan lain-lain. Adanya krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada Agustus 1997 hingga saat ini menyebabkan banyak orang terkena dampaknya, mereka adalah masyarakat atau kelompok miskin. Untuk mengatasi kesulitan yang mereka hadapi, mereka membentuk suatu kelompok sosial yang berlandaskan kekeluargaan dan atas kesamaan kondisi yaitu koperasi simpan pinjam atau saat ini lebih dikenal credit union (CU). CU merupakan wadah untuk bergabung dan berusaha bersama agar kekeluargaan yang terjadi dalam kegiatan ekkonomi teratasi. Disamping itu CU juga merupakan alat bagi kelompok ekonomi lemah menolong diri sendiri, sehingga mampu memenuhi kebutuhan dan memperbaiki hidupnya. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana respon masyarakat terhadap program credit union (CU) Arih Ersada di Desa Namomirah Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung tanggapan anggota CU terhadap program CU Arih Ersada dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Kesejahteraan adalah cita-cita dari setiap manusia, untuk mencapai kesejahteraan tersebut manusia harus bekerja baik itu usaha sendiri maupun usaha bersama kelompok yang dilandasi oleh rasa kekeluargaan dan gotong-royong dalam bidang ekonomi yaitu CU Arih Ersada. Peneitian ini dilaksanakan pada CU Arih Ersada di Desa Namomirah Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Adapun jumlah papulasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota CU Arih Ersada dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang dan instrument yang digunakan angket tertutup dan terbuka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Hasil ini didukung oleh wawancara dan observasi di lapangan. Data yang diperoleh dari penelitian ini ditabulasikan dalam tabel tunggal kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat diketahui bahwa respon masyarakat terhadap program credit union arih ersada hasilnya posotif dilihat dari pemahaman, sikap, dan partisipasi masyarakat mengenai credit union tersebut sudah baik karena itu mereka tertarik menjadi anggota CU Arih Ersada dan jumlah anggota CU Arih Ersada dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Dan ini membuktikan bahwa CU ini berkembang, semakin banyak anggotanya tentu semakin banyak pula arus modal yang diterima dan dipinjamkan oleh CU Arih Ersada. Respon positif juga dapat dilihat dari peranan CU Arih Ersada kepada anggota, dimana anggota yang bergabung mengalami perubahan yang baik dalam kesejahteraan maupun peningkatan kondisi ekonomi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectResponen_US
dc.subjectProgram Credit Unionen_US
dc.titleRespon Masyarakat terhadap Program Credit Union Arih Ersada di Desa Namomirah Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM060902001
dc.identifier.nidnNIDN0007027102
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI72201#Ilmu Kesejahteraan Sosial
dc.description.pages101 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record