Upaya Peningkatan Pelayanan Dan Kemudahan Bagi Konsumen PT.Pos Dan Giro Medan
View/ Open
Date
2008Author
N., Diana Citra
Advisor(s)
Ketaren, Nurlela
Metadata
Show full item recordAbstract
Yang menjadi judul penelitian ini adalah Upaya Peningkatan Pelayanan Dan
Kemudahan Bagi Konsumen PT.Pos Dan Giro Medan. PT.Pos sebagai BUMN yang
mengemban misi layanan jasa pos Indonesia dihadapkan pada berbagai perubahan
lingkungan diantaranya ádalah globalisasi, munculnya para pesaing baru dari
perusahaan jasa kurir swasta, dan sebagai perusahaan persero yang diharapkan akan
memberi sumbangsih bagi perekonomian sekaligus juga untuk memberi layanan
kepada masyarakat , sehingga terdapat perumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu:
“Bagaimanakah upaya peningkatan pelayanan dan kemudahan bagi konsumen PT Pos
dan Giro Medan?“
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik
penarikan sampel terhadap karyawan dilakukan dengan purposive sampling dan untuk
sampel konsumen dilakukan dengan sampel aksidental. Sampel dalam peneltian ini
terdiri dari 102 orang terdiri dari 41 orang pegawai PT.Pos dan Giro Medan dan 61
orang pelanggan PT.Pos dan Giro Medan, dan 4 orang key informan.Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpulan data primer dan sekunder,
dan teknik analisa data dilakukan dengan analisa data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya-upaya
yang dilakukan oleh PT.Pos dan giro Medan untuk meningkatkan pelayanannya dapat
dikategorikan cukup baik meskipun masih kurang optimal. Hal ini didasarkan pada
kualitas pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan, harapan dan kondisi masyarakat
yang tertuang pada Kepmenpan No.63 Tahun 2003, Zeithaml, Prasurama dan Berry,
Sharma, Moenir dan Anwar . Saran yang diberikan adalah dengan lebih berinovasi
dalam mengembangkan pelayanan dan lebih respon kepada kebutuhan masyarakat,
meningkatkan pencapaian target ketepatan waktu pengiriman barang/paket/surat,
lokasi pelayanan dibuat lebih nyaman lagi baik untuk karyawan maupun untuk
konsumen dan fasilitasnya lebih dilengkapi
Collections
- Undergraduate Theses [1922]