• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pemerintah Kota Pematangsiantar

    View/Open
    Fulltext (1.446Mb)
    Date
    2008
    Author
    A. N., Juni Helena
    Advisor(s)
    Thamrin, Muhammad Husni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kebersihan merupakan salah satu kebutuhan penting dalam masyarakat, karena dengan kebersihan maka akan terwujud masyarakat yang sehat. Untuk itu Pemerintah membentuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan yang bertugas dalam pelayanan kebersihan. Pada Dinas LHK kota Pematangsiantar ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas pelayanannya, seperti peningkatan jumlah penduduk yang berakibat pada meningkatnya volume sampah. Peningkatan ini pada akhirnya menuntut kelengkapan sarana dan prasarana, ketersediaan dana, dan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan publik pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan pemerintah kota Pematangsiantar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kota Pematangsiantar dan juga untuk mengetahui upaya yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kebersihan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan analisa kualitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling untuk pegawai Dinas LHK dan teknik Sampling Insidental untuk masyarakat. Dalam penelitian ini jumlah sampel untuk pegawai adalah 30 orang dan untuk masyarakat sebanyak 50 orang. Dari Penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas LHK kota Pematangsiantar pada masyarakat masih kurang berkualitas, karena pelayanan yang diberikan belum mampu memberikan kepuasan dalam diri masyarakat.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61924
    Collections
    • Undergraduate Theses [1922]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV