dc.description.abstract | Kebersihan merupakan salah satu kebutuhan penting dalam masyarakat, karena
dengan kebersihan maka akan terwujud masyarakat yang sehat. Untuk itu Pemerintah
membentuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan yang bertugas dalam pelayanan
kebersihan. Pada Dinas LHK kota Pematangsiantar ada beberapa hal yang
mempengaruhi kualitas pelayanannya, seperti peningkatan jumlah penduduk yang
berakibat pada meningkatnya volume sampah. Peningkatan ini pada akhirnya menuntut
kelengkapan sarana dan prasarana, ketersediaan dana, dan Sumber Daya Manusia yang
berkualitas. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi perumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan publik pada Dinas Lingkungan
Hidup dan Kebersihan pemerintah kota Pematangsiantar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang
dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kota Pematangsiantar dan juga
untuk mengetahui upaya yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan
dalam meningkatkan kualitas pelayanan kebersihan. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode penelitian deskriptif dengan analisa kualitatif. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling untuk pegawai Dinas LHK
dan teknik Sampling Insidental untuk masyarakat. Dalam penelitian ini jumlah sampel
untuk pegawai adalah 30 orang dan untuk masyarakat sebanyak 50 orang.
Dari Penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa kualitas pelayanan yang
diberikan oleh Dinas LHK kota Pematangsiantar pada masyarakat masih kurang
berkualitas, karena pelayanan yang diberikan belum mampu memberikan kepuasan
dalam diri masyarakat. | en_US |