dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang multi level
marketing khususnya dalam bidang pulsa elektrik oleh sebuah PT. Global Media
Nusantara atau biasa dikenal dengan nama Flexter. Lokasi penelitian ini dilakukan
di daerah P. Siantar. Adapun yang menjadi fokus permasalahan dalam skripsi ini
adalah bagaimana pemasaran produk yang dilakukan oleh anggota MLM tersebut,
strategi perekrutan anggota yang dilakukan, hubungan yang terjalin antara atasan
(upline) dan bawahan (downline). Adapun metode penelitian yang digunakan
adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Untuk mendapatkan data,
peneliti menggunakan teknik wawancara dan observasi.
PT. Global Media Nusantara atau yang disebut juga dengan Flexter
mempunyai produk yang dinamakan Flexter pulsa. Sistem pemasaran yang
dilakukan oleh member di Flexter ini kebanyakan memgunakan jasa seorang agen
pulsa lagi. Pembagian keuntungannya sesuai dengan kesepakatan dengan member
tersebut. Selain itu banyak juga member yang menggunakan pulsa tersebut untuk
konsumsi pribadi, karena lebih untung dan lebih ekonomis. Sebelum seorang
member melakukan perekrutan anggota mereka dibekali dengan stategi-strategi
seperti membuat rencana kerja, mencatat prospek dan mempersiapkan diri.
Hubungan yang antara upline dan downline terjalin sangat baik. Mereka sering
melakukan pertemuan yang membahas tentang jaringan, dan juga saling
memotivasi. Hubungan yang terjalin juga bukan hanya sebatas rekan kerja saja,
tetapi berlanjut menjadi hubungan persahabatan | en_US |