Show simple item record

dc.contributor.advisorErmansyah
dc.contributor.authorHutabarat, Ike Santri Br
dc.date.accessioned2022-11-18T09:14:33Z
dc.date.available2022-11-18T09:14:33Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/61970
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang peran pendidik dalam membangun karakter peserta didik anak usia dini di Lembaga PAUD Harapan Bangsa Gemilang. Pemilihan lokasi penelitian didasari oleh karena Lembaga PAUD Harapan Bangsa Gemilang menerapkan pendidikan berkarakter pada peserta didik anak usia dini. Metode penelitian menggunakan metode etnografi dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan teknik observasi dan wawancara serta analisis data. Observasi yang digunakan adalah observasi partisipasi, dimana peneliti ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar-mengajar dan menjadi seorang pendidik. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara mendalam kepada 14 informan. Setelah melakukan penelitian, maka seluruh data dianalisis dengan metode analisis interpretatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan berkarakter tersebut diawali dengan membuat perencanaan dengan memasukkan pembelajaran pendidikan berkarakter ke dalam kurikulum, kemudian dalam kegiatan harian, kegiatan pertengahan semester dan kegiatan akhir semester melalui kegiatan pembiasaan serta metode sentra yang terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran. Adanya motivasi yang dimiliki pihak lembaga paud untuk menghasilkan peserta didik yang berkarakter dan pengadaaan sarana prasarana yang digunakan untuk pembelajaran pendidikan berkarakter merupakan faktor pendukung penerapan pendidikan berkarakter di Lembaga PAUD Harapan Bangsa Gemilang dan faktor yang menghambatnya dapat dilihat melalui karakter peserta didik yang kurang baik karena pola asuh keluarga yang salah dan lingkungan tempat tinggal peserta didik yang keras. Selain itu, pendanaan dan monitoring pusat kurikulum yang masih minim juga sebagai faktor penghambatnya. Untuk mengatasi faktor penghambat tersebut dilakukan melalui kegiatan sharing atau dialog antara pendidik, orang tua dan lembaga pendidikan. Di samping itu, Lembaga PAUD Harapan Bangsa Gemilang selalu mengupayakan pencarian dana dengan mengajukan proposal ke berbagai instansi dan pendidik aktif mengikuti kegiatan ataupun pelatihan yang diadakan oleh HIMPAUDI (Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini). Berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa pendidik memiliki peranan terpenting dalam penerapan pendidikan berkarakter pada peserta didik anak usia dini. Pendidik sebagai pembimbing, motivator dan teladan bagi peserta didik. Sehingga pendidik merupakan cermin peserta didik untuk bertindak ataupun berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectPendidiken_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectPendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.subjectInternalisasien_US
dc.subjectSosialisasien_US
dc.subjectEnkulturasien_US
dc.subjectInteraksi Sosialen_US
dc.titlePeran Pendidik dalam Membangun Karakter Peserta Didik Anak Usia Dini (Studi Etnografi di Lembaga PAUD Harapan Bangsa Gemilang Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM130905047
dc.identifier.nidnNIDN0004036605
dc.identifier.nikKODEPRODI82201#Antropologi Sosial
dc.description.pages210 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record