Penerapan Akuntabilitas dan Transpransi dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga di Kantor Camat Medan Selayang Kota Medan)
View/ Open
Date
2013Author
Situmorang, Gordon B
Advisor(s)
Sembiring, Robinson
Metadata
Show full item recordAbstract
Tata laksana pemerintahan yang baik dapat dipahami dengan
memberlakukan karakteristik dasarnya yaitu partisipasi, penegakan hukum,
transparansi, kesetaraan, daya tanggap, wawasan kedepan, akuntabilitas,
pengawasan, efisinsi dan efektivitas, serta profesionalisme. Adapun yang ingin
dibahas yaitu akuntabilitas dan transpransi. Akuntabilitas bermakna pertanggung
jawaban dengan menciptakan pengawasan melalui distribusi kekuasaan pada
berbagai lembaga pemerintah bahwa penyelenggaraan pelayanan publik harus
dapat dipertanggungjawabkan, baik kepada publik maupun kepada
atasan/pimpinan unit pelayanan instansi pemerintah sesuai dengan ketentuan
peraturan perundang-undangan. Transparansi adalah prinsip yang menjamin akses
atau kebebasan bagi setiap orang untuk memperoleh informasi tentang
penyelenggaraan pemerintahan dan kegiatan lainnya, yakni informasi tentang
kebijakan, proses pembuatan, dan pelaksanaan serta hasil-hasil yang dicapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas dan transparansi
dalam pengurusan pembuatan kartu keluarga di Kantor Camat Medan Selayang
Jalan Bunga Cempaka No.54a Pasar 3 Padang Bulan Medan
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan
wawancara secara mendalam kepada informan, dan studi kepustakaan. Yang
menjadi informan dalam penelitian ini adalah 4 orang informan kunci yaitu
Camat, Sekretaris Camat dan Pegawai Kecamatan.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa pegawai kantor Camat
Medan Selayang sudah berkomitmen dan mulai menerapkan transparansi dan
akuntabilitas dalam pelayanan pembuatan kartu keluarga. Hambatan-hambatan
yang dihadapi dalam menerapkan akuntabilitas dan transparansi antara lain yaitu
kurangnya peran aktif masyarakat dan sebagian sumberdaya manusia yang masih
menganut paradigma lama yang bukan melayanin tapi dilayanin.
Collections
- Undergraduate Theses [1922]