Pengaruh Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Hutabolon Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir
View/ Open
Date
2014Author
Sinurat, Leonardo
Advisor(s)
Siregar, Mastauli
Metadata
Show full item recordAbstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang saat ini sedang digalakkan
oleh pemerintah dan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia,
salah satunya adalah membuka lapangan kerja, khususnya bagi masyarakat setempat.
Pariwisata sebagai manifestasi dari modernisasi yang dapat memberikan pengaruh positif
langsung terhadap lingkungan sosial ekonomi, yaitu baik penciptaan lapangan kerja dan
berusaha maupun peningkatan pendapatan rumah tangga. Disamping itu pengembangan
kepariwisataan dapat juga memberikan dampak negatif dan dampak positif terhadap
lingkungan dan sosial ekonomi khususnya Masyarakat Sekitar
Penelitian ini dilakukan di Objek Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba, salah satu objek wisata
di Sumatera Utara, tepatnya di Desa Hutabolon, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir.
Dengan adanya aktifitas wisata yang dilakukan wisatawan muncullah produk wisata yang
melibatkan masyarakat setempat dan berkontribusi terhadap sosial ekonomi masyarakat Desa
Hutabolon.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan Objek Wisata
Pantai Pasir Putih Parbaba terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Hutabolon Parbaba
Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Metode penelitian yang digunakan adalah
Explanatory Research yaitu untuk menguji hubungan antara Objek Wisata Pantai Pasir Putih
Parbaba(variabel x) dengan Sosial Ekonomi (variabel y). Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi.
Analisis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment dan Koefisien
determinasi.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh Objek Wisata Pantai Pasir Putih yang
cukup kuat terhadap tingkat sosial ekonomi masyarakat didesa Sipogu. Hal ini dapat dilihat
dengan interpretasi tabel koefisien korelasi Product Moment terhadap hasilperhitungan
koefisien korelasi observasi sebesar r = 0,587 yang terletak antara 0,50 -0,59 yang diartikan
korelasinya positif yang Mantap. Sehingga hipotesis nihil Ho ditolak, dan Ha diterima dengan
sumbangan keberpengaruhan sebesar 34,45 %
Collections
- Undergraduate Theses [1147]