Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Mastauli
dc.contributor.authorSinurat, Leonardo
dc.date.accessioned2022-11-18T09:49:22Z
dc.date.available2022-11-18T09:49:22Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62041
dc.description.abstractPariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah dan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan Indonesia, salah satunya adalah membuka lapangan kerja, khususnya bagi masyarakat setempat. Pariwisata sebagai manifestasi dari modernisasi yang dapat memberikan pengaruh positif langsung terhadap lingkungan sosial ekonomi, yaitu baik penciptaan lapangan kerja dan berusaha maupun peningkatan pendapatan rumah tangga. Disamping itu pengembangan kepariwisataan dapat juga memberikan dampak negatif dan dampak positif terhadap lingkungan dan sosial ekonomi khususnya Masyarakat Sekitar Penelitian ini dilakukan di Objek Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba, salah satu objek wisata di Sumatera Utara, tepatnya di Desa Hutabolon, Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Dengan adanya aktifitas wisata yang dilakukan wisatawan muncullah produk wisata yang melibatkan masyarakat setempat dan berkontribusi terhadap sosial ekonomi masyarakat Desa Hutabolon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan Objek Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Hutabolon Parbaba Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research yaitu untuk menguji hubungan antara Objek Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba(variabel x) dengan Sosial Ekonomi (variabel y). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment dan Koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh Objek Wisata Pantai Pasir Putih yang cukup kuat terhadap tingkat sosial ekonomi masyarakat didesa Sipogu. Hal ini dapat dilihat dengan interpretasi tabel koefisien korelasi Product Moment terhadap hasilperhitungan koefisien korelasi observasi sebesar r = 0,587 yang terletak antara 0,50 -0,59 yang diartikan korelasinya positif yang Mantap. Sehingga hipotesis nihil Ho ditolak, dan Ha diterima dengan sumbangan keberpengaruhan sebesar 34,45 %en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.titlePengaruh Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Parbaba Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Hutabolon Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosiren_US
dc.identifier.nimNIM100902089
dc.identifier.nidnNIDN0007027102
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI72201#Kesejahteraan Sosial
dc.description.pages82 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record