Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Mastauli
dc.contributor.authorLubis, Siti Chotimah
dc.date.accessioned2022-11-18T10:05:49Z
dc.date.available2022-11-18T10:05:49Z
dc.date.issued2008
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62051
dc.description.abstractPemerintah sebagai instansi tertinggi yang bertanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan penduduk atau masyarakat harus pula memenuhi kewajiban dalam menyediakan sarana pelayanan kesehatan, serta menyelenggarakan sistem asuransi kesehatan sehingga penduduk yang sakit dapat disembuhkan. Salah satu program yang dibuat pemerintah adalah Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Rumah Sakit Haji Medan merupakan salah satu dari 17 rumah sakit di Medan yang dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada pengguna Jamkesmas. Pelayanan kesehatan yang diberikan Rumah Sakit Haji Medan kepada pengguna atau peserta Jamkesmas antara lain pelayanan Rawat Jalan Tindak Lanjutan (RJTL) dan pelayanan Rawat Inap Tindak Lanjutan (RITL) yang mencakup tindakan pelayanan obat, penunjang diagnosik, pelayanan darah serta pelayanan lainnya. Rumah Sakit Haji Medan selaku lembaga yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan terindikasi kurang memberikan pelayanan kesehatan yang memuaskan kepada pasiennya. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Haji Medan tepatnya di terletak di Jalan RS. Haji Medan Estate No.1, Kabupaten Deli Serdang. Tipe penelitian yang digunakan adalah bersifat deskripif dengan populasi sebanyak 95 orang, yang menadi sampel adalah 17 orang untuk pasien Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) dan 78 orang untuk pasien Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL). Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sample. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, wawancara, observasi dan library research atau studi kepustakaan. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kaulitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi pengguna Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Haji Medan adalah positif. Terlihat dari tingginya tingkat kepuasan pasien Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) yang menjadi responden terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan yaitu sebesar 88,5 % dan juga tingginya tingkat kemaksimalan pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Haji Medan kepada responden yaitu sebesar 87,2 %. Sedangkan untuk pasien yang Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) tingkat kepuasannya sebesar 82,4 % dan tingkat kemaksimalnnya adalah sebesar 94,1 %.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPelayananen_US
dc.subjectKesehatanen_US
dc.titlePersepsi Pengguna Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Haji Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM050902055
dc.identifier.nidnNIDN0007027102
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI72201#Kesejahteraan Sosial
dc.description.pages98 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record