• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Welfare
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Welfare
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Respon Masyarakat terhadap Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) oleh Rumah Sakit Umum HKBP Balige di Kabupaten Toba Samosir

    Thumbnail
    View/Open
    Fulltext (563.4Kb)
    Date
    2009
    Author
    Tambunan, Ardi
    Advisor(s)
    Siregar, Hairani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat miskin dan kurang mampu di bidang pelayanan kesehatan. Program ini diadakan sesuai ketentuan dalam undang-undang dasar 1945 pasal 28 H dan UU no. 23/1993 tentang kesehatan, menetapakan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Pelaksanaan pelayanan kesehatan dalam program Jamkesmas dilakukan oleh puskesmas dan rumah sakit serta jaringannya. Rumah Sakit HKBP Balige sebagai salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Toba Samosir ikut serta dalam pelaksanaan program Jamkesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat peserta Jamkesmas. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit HKBP Balige, yang bertempat di Jl. Gereja Nomor 17 Balige kabupaten tobasa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan jumlah populasi sebanyak 299 orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 10% dari jumlah populasi yaitu 30 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan bantuan metode angket, metode wawancara dan metode kepustakaan, Data yang didapat dari lapangan ditabulasikan dalam bentuk tabel, kemudian dianalisa dan dijelaskan secara terperinci. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari lapangan dapat di buat kesimpulan bahwa Rumah Sakit HKBP balige melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai pedoman pelaksanaan Jamkesmas dan pelaksanaan program Jamkesmas tersebut mendapat respon yang positif dari masyarakat. Hal ini terlihat dari jawaban-jawaban responden yang bersifat mendukung terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seperti alasan responden menggunakan kartu Jamkesmas di Rumah Sakit HKBP Balige, intensitas penggunaan kartu Jamkesmas, sikap dokter dan petugas kesehatan kepada responden, prosedur administrasi, kelengkapan alat-alat kesehatan, kelengkapan obat-obatan, kebersihan, jumlah petugas, kepuasan terhadap pelayanan kesehatan, serta kelanjutan program Jamkesmas.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62052
    Collections
    • Undergraduate Theses [1147]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV