Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Hairani
dc.contributor.authorTambunan, Ardi
dc.date.accessioned2022-11-18T10:09:25Z
dc.date.available2022-11-18T10:09:25Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62052
dc.description.abstractJaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat miskin dan kurang mampu di bidang pelayanan kesehatan. Program ini diadakan sesuai ketentuan dalam undang-undang dasar 1945 pasal 28 H dan UU no. 23/1993 tentang kesehatan, menetapakan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Pelaksanaan pelayanan kesehatan dalam program Jamkesmas dilakukan oleh puskesmas dan rumah sakit serta jaringannya. Rumah Sakit HKBP Balige sebagai salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Toba Samosir ikut serta dalam pelaksanaan program Jamkesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat peserta Jamkesmas. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit HKBP Balige, yang bertempat di Jl. Gereja Nomor 17 Balige kabupaten tobasa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dengan jumlah populasi sebanyak 299 orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 10% dari jumlah populasi yaitu 30 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan bantuan metode angket, metode wawancara dan metode kepustakaan, Data yang didapat dari lapangan ditabulasikan dalam bentuk tabel, kemudian dianalisa dan dijelaskan secara terperinci. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari lapangan dapat di buat kesimpulan bahwa Rumah Sakit HKBP balige melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai pedoman pelaksanaan Jamkesmas dan pelaksanaan program Jamkesmas tersebut mendapat respon yang positif dari masyarakat. Hal ini terlihat dari jawaban-jawaban responden yang bersifat mendukung terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seperti alasan responden menggunakan kartu Jamkesmas di Rumah Sakit HKBP Balige, intensitas penggunaan kartu Jamkesmas, sikap dokter dan petugas kesehatan kepada responden, prosedur administrasi, kelengkapan alat-alat kesehatan, kelengkapan obat-obatan, kebersihan, jumlah petugas, kepuasan terhadap pelayanan kesehatan, serta kelanjutan program Jamkesmas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectResponen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.subjectProgram Jamkesmasen_US
dc.titleRespon Masyarakat terhadap Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) oleh Rumah Sakit Umum HKBP Balige di Kabupaten Toba Samosiren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM050902036
dc.identifier.nidnNIDN0027097103
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI72201#Kesejahteraan Sosial
dc.description.pages118 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record