• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peranan Perpustakaan Umum dalam Menyelenggarakan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat Kota Medan (Studi pada Kantor Perpustakaan Umum Kota Medan)

    View/Open
    Fulltext (1.550Mb)
    Date
    2009
    Author
    Syahputri, Mutia
    Advisor(s)
    Sihombing, Marlon
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelayanan public adalah berbagai aktivitas yang bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa atau pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Penyelenggaraan pelayanan public di pemerintahan diartikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang public maupun jasa public yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah di pusat, di daerah dan dilingkungan badan usaha milik negara/bandan usaha milik daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundangundangan. Perpustakaan umum sebagai penyelenggara pelayanan public harus member rasa senang dan puas kepada pengguna masyarakat. Pegawai sebagai pelaksana pelayanan public diharapkan memiliki jiwa pengabdian dan pelayanan pada kepentingan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan analisa deskriptif yang bertunjuan untuk mengetahui bagaimana peranan perpustakaan umum dalam menyelenggarakan pelayanan public dan untuk mengetahui dampaknya terhadap masyarakat. Teknik pengumpukan data dilakukan melalui metode wawancara dan penyebaran kuesioner. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik samplingProportionate Stratified Random karena populasi mempunyai anggota/unsure yang tidak homogen dan berstrata secara proposional digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Peranan Perpustakaan Umum Kota Medan secara umum telah menyelenggarakan pelayanan public dengan baik dan menunjukkan bahwa ada respon yang positif dari masyarakat terhadap tupoksi dan peranan perpustakaan umum. Hal ini terwujud dalam nbentuk kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan yaitu adanya keinginan kembali ke perpustakaan untuk memberdayakan dan memperhgunakan perpustakaan sebagai salah satu sarana informasi bagi masyarakat.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62111
    Collections
    • Undergraduate Theses [1922]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV