Peranan Perpustakaan Umum dalam Menyelenggarakan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat Kota Medan (Studi pada Kantor Perpustakaan Umum Kota Medan)
View/ Open
Date
2009Author
Syahputri, Mutia
Advisor(s)
Sihombing, Marlon
Metadata
Show full item recordAbstract
Pelayanan public adalah berbagai aktivitas yang bertujuan memenuhi
kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa atau pemberian layanan (melayani)
keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi
itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan.
Penyelenggaraan pelayanan public di pemerintahan diartikan sebagai
segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang public maupun jasa
public yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh
instansi pemerintah di pusat, di daerah dan dilingkungan badan usaha milik
negara/bandan usaha milik daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan
masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundangundangan.
Perpustakaan umum sebagai penyelenggara pelayanan public harus
member rasa senang dan puas kepada pengguna masyarakat. Pegawai sebagai
pelaksana pelayanan public diharapkan memiliki jiwa pengabdian dan pelayanan
pada kepentingan masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan analisa deskriptif yang
bertunjuan untuk mengetahui bagaimana peranan perpustakaan umum dalam
menyelenggarakan pelayanan public dan untuk mengetahui dampaknya terhadap
masyarakat. Teknik pengumpukan data dilakukan melalui metode wawancara dan
penyebaran kuesioner. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
yaitu menggunakan teknik samplingProportionate Stratified Random karena
populasi mempunyai anggota/unsure yang tidak homogen dan berstrata secara
proposional digunakan sebagai sampel.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Peranan
Perpustakaan Umum Kota Medan secara umum telah menyelenggarakan
pelayanan public dengan baik dan menunjukkan bahwa ada respon yang positif
dari masyarakat terhadap tupoksi dan peranan perpustakaan umum. Hal ini
terwujud dalam nbentuk kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan
yaitu adanya keinginan kembali ke perpustakaan untuk memberdayakan dan
memperhgunakan perpustakaan sebagai salah satu sarana informasi bagi
masyarakat.
Collections
- Undergraduate Theses [1922]