dc.contributor.advisor | Arlina | |
dc.contributor.author | Samosir, Meylan | |
dc.date.accessioned | 2022-11-19T05:04:02Z | |
dc.date.available | 2022-11-19T05:04:02Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.uri | https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62131 | |
dc.description.abstract | Salah satu kewajiban utama Pemerintah adalah penyelenggaraan
pelayanan kepada masyarakat atau publik yang baik sebagai hak dari masyarakat
itu sendiri. Hal tersebut juga diatur dalam Undang-Undang pelayanan publik yang
menjamin hak masyarakat atas pelayanan publik yang baik. Namun fakta yang
terjadi selama ini, dalam pelayanan publik ternyata banyak diwarnai oleh berbagai
bentuk praktek maladminsitrasi sehingga sangat merugikan masyarakat. Dengan
latar belakang masalah ini maka Pemerintah berinisiatif membentuk suatu
Lembaga Negara yang independent yang bertugas mengawasi jalannya
penyelenggaraan pelayanan publik. Lembaga yang dimaksud yaitu Lembaga
Ombudsman Republik Indonesia dan Lembaga Perwakilan Ombudsman Provinsi
Sumatera Utara. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peranan Lembaga
Ombudsman Republik Inndonesia tersebut dalam mengawasi penyelenggaraan
pelayanan publik sehingga diharapkan dapat tercipta pelayanan publik yang
berkualitas dan sedikit demi sedikit dapat mengikis berbagai praktek
maladministrasi yang kerap terjadi. Dari data yang diperoleh baik berupa data
primer maupun data skunder menunjukkan bahwa keberadaan Lembaga
Ombudsman ternyata sangat membantu masyarakat. Masyarakat kini memiliki
wadah untuk mengadukan setiap ketidakadilan yang diterimanya dalam hal pelayanan publik serta mendapatkan perlindungan hukum. Pengawasan serta daya
tanggap Lembaga Ombudsman atas praktek maladministrasi cukup membuat para
pejabat/instansi penyelenggara pelayanan kini semakin dituntut untuk berfikir dua
kali jika hendak melakukan pelanggaran, sebab Lembaga Ombudsman memiliki
dasar hukum yang kuat berupa Undang-Undang No.37 tahun 2008 tentang
Lembaga Ombudsman | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Ombudsman | en_US |
dc.subject | Pelayanan Publik | en_US |
dc.title | Implementasi Kebijakan Undang-undang No. 37 Tahun 2008 dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Lembaga Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumatera Utara) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM100903075 | |
dc.identifier.nidn | NIDN0004035605 | |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI63201#Ilmu Administrasi Publik | |
dc.description.pages | 105 Halaman | en_US |
dc.description.type | Skripsi Sarjana | en_US |