Show simple item record

dc.contributor.advisorSihombing, Marlon
dc.contributor.authorSimorangkir, Lintang M.
dc.date.accessioned2022-11-19T05:10:27Z
dc.date.available2022-11-19T05:10:27Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62137
dc.description.abstractPembagian dan profesionalisme kerja memiliki kaitan erat dalam struktur organisasi. Struktur organisasi berfungsi untuk merinci posisi, tugas/pekerjaan beserta hak dan tanggung jawab dari anggota organisasi yang terbagi dalam unit – unit kerja. Kemudian agar unit – unit kerja tadi dapat bergerak secara optimal maka diperlukan sumberdaya manusia yang handal, terampil dan berpengalaman di bidangnya. Dengan adanya pembagian kerja yang jelas dalam struktur organisasi dan didukung pula oleh sumberdaya manusia yang mumpuni akan mendorong terciptanya profesionalisme kerja dalam organisasi tersebut. Pentingnya mencermati pembagian kerja dan profesionalisme kerja pada organisasi pemerintah atau biasa dikenal dengan organisasi publik karena para aparaturnya cenderung bersikap masa bodoh terhadap tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pelayan publik. Mengingat besarnya tugas dan fungsi mereka sebagai organisatoris pemerintah maka diperlukan struktur yang mapan dalam pembagian kerjanya untuk menumbuhkembangkan profesionalisme kerja pegawai. Penelitian ini mencoba menjelaskan dan menganalisis tentang pembagian dan profesionalisme kerja dalam struktur organisasi di Kelurahan Sitirejo I Kecamatan Medan Kota. Sejauh mana struktur organisasi berperan dalam pembagian kerja dalam rangka menumbuhkembangkan profesionalisme kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni dengan pusat perhatian pada masalah-masalah yang bersifat aktual dan menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diteliti sebagaimana adanya diiringi dengan interpretasi rasional. Dalam skripsi ini yang menjadi tolok ukur pada pembagian kerja adalah perincian tugas, sumber tugas, variasi tugas, beban tugas, penempatan pegawai pada jabatan yang sesuai dengan pendidikannya atau keahliannya. Sementara itu tolok ukur untuk profesionalisme kerja adalah kemampuan aparatur, kompetensi aparatur, dan kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembagian dan profesionalisme kerja aparatur Kelurahan Sitiejo I Kecamatan Medan Kota sudah cukup baik. Dalam skripsi ini ditemukan pula fenomena lain seperti penyebab masih adanya kutipan biaya dalam setiap pengurusan administrasi kependudukan dan administrasi umum lainnya, dan faktor lain yang luput dari perhatian yang sangat penting dan juga berpengaruh pada pembagian dan profesionalisme kerja. Sebagai salah satu organisasi pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan publik di wilayah Medan Kota sudah selayaknya Kelurahan Sitirejo I mendapat perhatian serius dalam hal penyediaan sarana dan prasarana kelurahan yang dapat mendukung kinerja pegawai untuk bekerja secara profesional memberikan pelayanan yang lebih baik laen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectpembagian kerjaen_US
dc.subjectprofesionalisme kerjaen_US
dc.subjectstruktur organisasien_US
dc.titlePembagian dan Profesionalisme Kerja dalam Struktur Organisasi (pada Kelurahan Sitirejo I Kecamatan Medan Kota)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM070903048
dc.identifier.nidnNIDN0016085904
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#Ilmu Administrasi Publik
dc.description.pages132 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record