Show simple item record

dc.contributor.advisorNasution, Muhammad Arifin
dc.contributor.authorAndini, Tri
dc.date.accessioned2022-11-19T05:38:36Z
dc.date.available2022-11-19T05:38:36Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62157
dc.description.abstractKesehatan merupakan salah satu bidang pelayanan publik yang dalam penyelenggaraannya merupakan wewenang wajib Pemerintah Daerah. Seiring dengan ditetapkannya bidang kesehatan sebagai salah satu kewenangan wajib yang harus dilaksanakan oleh daerah, maka banyak daerah yang berusaha meningkatkan pelayanan dibidang tersebut. Kecamatan Percut Sei Tuan merupakan salah satu daerah yang berusaha untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan ini melalui pelayanan kesehatan di Puskesmas. Di wilayah kerja Puskesmas Bandar Khalipah yaitu desa Bandar Khalipah, Bandar Klippa,Sambirejo timur, Bandar Setia, Laut Dendang, Kolam, Sei Rotan terdapat banyak pelayanan kesehatan lainnya seperti Rumah Sakit baik milik pemerintah maupun swasta, praktek dokter, praktek bidan dan apoteker, namun mengapa masyarakat lebih memilih berobat di Puskesmas Bandar Khalipah. Untuk menjawab permasalahan penelitian, digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan Kuestioner. Selain itu, pengumpulan data juga menggunakan teknik observasi serta dokumentasi. Teknik penentuan informan untuk pegawai Puskesmas, secara purposive yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball sedangkan untuk informan atau responden dari pasien menggunakan teknik accidental. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Berdasarkan temuan data dilapangan menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas Bandar Khalipah dapat dikatakan cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dalam proses pelayanan kesehatan kepada masyarakat sudah terdapat cukup kesesuaian dengan standart pelayanan yang telah ditetapkan, dan pelayanan yang diberikan sudah cukup sesuai dengan harapan masyarakat. Namun dalam mengenai perilaku sumberdaya staf yang dimiliki oleh Puskesmas masih dikatakan kurang apalgi dalam hal ketepatan waktu. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Puskesmas Bandar Khalipah sebagai pemberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat telah menjadikan pelayanan kesehatan yang lebih kompleks dan spesifik sesuai dengan kecenderungan masalah kesehatan di Kecamatan Percut Sei Tuan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.titleEfektivitas Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM080903064
dc.identifier.nidnNIDN0005107901
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI63201#Ilmu Administrasi Publik
dc.description.pages136 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record