• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kepuasan Nasabah atas Pelaksanaan Manajemen Pemasaran Syariah (Studi Pada Pt. Bni Syariah, Jl. Kapten Maulana Lubis No. 12 Medan)

    View/Open
    Fulltext (4.003Mb)
    Date
    2014
    Author
    Kaniza, Helvrizky
    Advisor(s)
    Thamrin, Muhammad Husni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelaksanaan manajemen pemasaran yang berlandaskan prinsip syariah yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat yang sesuai dengan muamalah islam. Manajemen Pemasaran Syariah adalah sebuah disiplin bisnis strategi yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran dan perubahan value dari suatu inisiator ke stakeholdernya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah dalam islam. Ini artinya bahwa dalam syariah marketing, seluruh proses, baik proses penciptaan, proses penawaran, maupun proses perubahan nilai (value), tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah yang islami. Sepanjang hal tersebut dapat dijamin dan penyimpangan prinsip-prinsip muamalah islami tidak terjadi dalam suatu transaksi apapun dalam pemasaran dapat diperbolehkan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan nasabah atas pelaksanaan manajemen pemasaran syariah. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis kuantitatif. Metode korelasional bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Penentuan sampel menggunakan teknik insidental sampling dengan jumlah responden yang kebetulan bertemu oleh peneliti saat penelitian sebanyak 31 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara pelaksanaan manajemen pemasaran syariah dengan kepuasan nasabah memiliki hubungan sebesar 0,58 dapat dikatakan memiliki hubungan yang sedang. Pelaksanaan manajemen pemasaran syariah terhadap kepuasan nasabah adalah sebesar 33,64% dan selebihnya (66,36%) lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan pengujian hipotesis (Uji T), pelaksanaan manajemen pemasaran syariah terhadap kepuasan nasabah terdapat hubungan yang positif sebesar 3,85. Dengan demikian t-hitung > t-tabel (3,85 > 2,045), maka H0 ditolak dan H1 diterima.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62180
    Collections
    • Undergraduate Theses [1921]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV