dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelaksanaan manajemen
pemasaran yang berlandaskan prinsip syariah yang bertujuan untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan masyarakat yang sesuai dengan muamalah islam.
Manajemen Pemasaran Syariah adalah sebuah disiplin bisnis strategi yang
mengarahkan proses penciptaan, penawaran dan perubahan value dari suatu
inisiator ke stakeholdernya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan
akad dan prinsip-prinsip muamalah dalam islam. Ini artinya bahwa dalam syariah
marketing, seluruh proses, baik proses penciptaan, proses penawaran, maupun
proses perubahan nilai (value), tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan
akad dan prinsip-prinsip muamalah yang islami. Sepanjang hal tersebut dapat
dijamin dan penyimpangan prinsip-prinsip muamalah islami tidak terjadi dalam
suatu transaksi apapun dalam pemasaran dapat diperbolehkan. Adapun tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan
nasabah atas pelaksanaan manajemen pemasaran syariah.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
korelasional dengan analisis kuantitatif. Metode korelasional bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Penentuan sampel
menggunakan teknik insidental sampling dengan jumlah responden yang
kebetulan bertemu oleh peneliti saat penelitian sebanyak 31 responden. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara pelaksanaan
manajemen pemasaran syariah dengan kepuasan nasabah memiliki hubungan
sebesar 0,58 dapat dikatakan memiliki hubungan yang sedang. Pelaksanaan
manajemen pemasaran syariah terhadap kepuasan nasabah adalah sebesar 33,64%
dan selebihnya (66,36%) lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk
dalam penelitian ini. Berdasarkan pengujian hipotesis (Uji T), pelaksanaan
manajemen pemasaran syariah terhadap kepuasan nasabah terdapat hubungan
yang positif sebesar 3,85. Dengan demikian t-hitung > t-tabel (3,85 > 2,045),
maka H0 ditolak dan H1 diterima. | en_US |