Efektifitas Pelayanan Peminjaman dan Pengembalian Buku Bagi Masyarakat (Studi pada Pengunjung Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi Kabupaten Asahan)
View/ Open
Date
2013Author
Harahap, Fitrah Hayati
Advisor(s)
Dewi, Elita
Metadata
Show full item recordAbstract
Skripsi ini berisi penelitian mengenai efektifitas pelayanan peminjaman
dan pengembalian buku bagi masyarakat sebagai pengguna layanan pada Kantor
Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Asahan. Perpustakaan umum
daerah memiliki peranan penting bagi masyarakat sekitarnya dalam memberikan
layanan informasi yang diperlukan, serta dapat mewujudkan masyarakat dan
bangsa yang cerdas. Perpustakaan dapat berperan sebagai fasilitator untuk
menyediakan buku-buku koleksi serta informasi yang berkualitas kepada
masyarakat dengan biaya relatif lebih murah. Salah satu kegiatan atau pelayanan
utama perpustakaan adalah peminjaman dan pengembalian buku atau materi
perpustakaan lainnya. Kegiatan ini sering dikenal dengan istilah pelayanan
sirkulasi. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh bagian pelayanan sirkulasi ini
sangat berpengaruh terhadap citra perpustakaan itu sendiri, karena bagian inilah
yang pertama kali dan paling sering berhubungan dengan pengguna layanan
perpustakaan.
Penelitian dilakukan terhadap 92 orang sampel yang merupakan
pengunjung perpustkaan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pada
pengumpulan data digunakan teknik accidental sampling dengan penentuan
jumlah sampel menggunaka perhitungan Taro Yamane.
Pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner beserta
observasi ke lapangan lalu menganalisis data dengan menggunakan analisis data
kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan
statistik deskriptif. Perhitungan analisis data dibantu dengan menggunakan
bantuan SPSS 15 for Windows.
Berdasarkan penelitiann yang telah dilakukan maka diperoleh hasil bahwa
efektifitas pelayanan peminjaman dan pengembalian buku pada Kantor
Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Asahan dinilai masih kurang
efektif terbukti dari hasil perhitungan jawaban responden sebesar 63% berada
pada kategori kurang efektif.
Collections
- Undergraduate Theses [1921]