Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Pdam Tirtanadi Cabang Sei Agul Kota Medan
View/ Open
Date
2014Author
Syahfitri, Noviyanti Harumi
Advisor(s)
Kariono
Metadata
Show full item recordAbstract
Terwujudnya pelayanan publik yang berkualitas merupakan salah satu ciri dari
pemerintahan yang baik (Good Governance) sebagai tujuan dari pendayagunaan
aparatur negara. Dalam kaitan inilah sesuai dengan UU no. 25 Tahun 2009 tentang
pelayanan publik maka peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya
yang harus dilakukan secara terus menerus, berkelanjutan dan harus dilaksanakan oleh
semua para aparatur pemerintah. . PDAM sebagai perusahaan yang menjual jasa dan
kepercayaan terhadap masyarakat, harus tetap memahami perilaku dan keinginan para
pelanggan dalam pemanfaatan jasa layanan air dan kebijaksanaan perusahaan berupa
standard pelayanan yang ditetapkan, sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik
yang menyebabkan pelanggan menjadi puas.
Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk mengangkat judul penelitian
: “Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di PDAM Tirtanadi
Cabang Sei Agul Kota Medan”. Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah
untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas
pelayanan publik di PDAM Tirtanadi Cabang Sei Agul Kota Medan. Sedangkan
manfaat yang diharapkan adalah untuk mengukur kinerja pegawai terhadap kualitas
pelayanan publik dalam memberikan manfaat serta dalam menetapkan pengukuran
kinerja yang lebih komprehenship. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini
adalah metode korelasi. Dan untuk memperkuat hipotesis, maka penulis menggunakan
analisis kuantitatif. Populasi ada 48 orang pegawai, beberapa masyarakat dan pihak pihak yang terkait di dalam PDAM. Teknik analisa data yang digunakan adalah
koefisien korelasi product moment, uji t, dan koefisien determinasi.
Dari hasil pengujian hipotesa dengan menggunakan product moment, berdasarkan
hasil perhitungan dengan populasi 48 orang antara kinerja pegawai dan kualitas pelayanan publik, maka diperoleh hasil r = 0,83 termasuk pada kategori kuat. Pada taraf
signifikan 5% daerah kritiknya adalah 0,284 maka 0,83 ˃ 0,284 Jadi terdapat hubungan
atau pengaruh yang sangat kuat antara variabel kinerja pegawai terhadap kualitas
pelayanan publik. Dan saran yang diberikan adalah kepada pihak pemerintah khususnya
PDAM, diharapkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Terutama
pelanggan yang kondisi airnya kurang baik.
Collections
- Undergraduate Theses [1921]