Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Program Kredit Cepat Aman Pada PT Pegadaian di Kecamatan Dolok Batunanggar Kabupaten Simalungun
View/ Open
Date
2014Author
Lubis, Rizky Nova
Advisor(s)
Sihombing, Marlon
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Pegadaian merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) yang bergerak di bidang jasa pembiayaan dan merupakan salah satu
Perusahaan Negara yang memberikan pemasukan yang cukup besar kepada
pemerintah. Program Kredit Cepat Aman (KCA) merupakan salah satu produk
unggulan dari PT. Pegdaian Kec. Dolok Batunanggar dalam membantu
masyarakat ekonomi lemah untuk mendapatkan pinjaman uang dengan sistem
kredit gadai, sehingga terhindar dari praktek-praktek yang bisa merugikan
masyarakat seperti lintah darat dan rentenir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas
pelayanan program Kredit Cepat Aman di PT. Pegadaian Kecamatan Dolok
Batunanggar, upaya-upaya yang dilakukan oleh PT. Pegadaian untuk
meningkatkan kualitas pelayanan dan hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi
dalam melaksanakan strategi yang telah dirumuskan.
Untuk mewujudkan penelitian di atas, maka penulis memilik metode
penelitian deskriptif kualitatif guna mengumpulkan data dan informasi di
lapangan. Data dan informasi yang diperoleh bersifat primer dan sekunder. Data
dan informasi primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan key
informan yang telah ditentukan sebelumnya dan melalui observasi di lapangan
sedangakan data dan informasi sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi dan
kepustakaan. Data dan informasi tersebut kemudian dianalisis menggunakan
analisis SWOT yang kemudian dibuat matriks SWOTnya.
Di lapangan ditemukan adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaan
strategi peningkatan kualitas program Kredit Cepat Aman. Isu-isu strategis
tersebut kemudian diolah dengan menggunakan matriks SWOT dan diperoleh
hasil berupa strategi-strategi penting yang dapat dijadikan pedoman program
kegiatan PT. Pegadaian Kec. Dolok Batunanggar dalam rangka memecahkan
masalah upaya peningkatan kualitas pelayanan program Kredit Cepat Aman.
Strategi-strategi tersebut adalah peningkatan pelayanan kepada masyarakat,
promosi yang lebih optimal dalam menghadapi persaingan.
Collections
- Undergraduate Theses [1916]