• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Persaingan Bisnis (Studi Etnografi tentang Penerapan Strategi Persaingan Bisnis Pada Perusahaan Otobus CV. Makmur di Kota Medan)

    View/Open
    Fulltext (1.370Mb)
    Date
    2012
    Author
    Silalahi, Batara Efendi
    Advisor(s)
    Fikarwin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi dengan judul “Strategi Persaingan Bisnis” ini secara umum menjelaskan tentang strategi-strategi yang diterapkan oleh perusahaan otobus untuk menghadapi persaingan dalam bisnis layanan jasa transportasi. Dalam skripsi ini peneliti memilih perusahaan otobus CV. Makmur sebagai objek penelitian karena perusahaan ini sudah berkembang dibanding perusahaan otobus lainnya yang berada di Kota Medan. Skripsi ini dibuat untuk dapat memahami bagaimana pentingnya suatu strategi bagi perusahaan otobus yang sudah berkembang. Kemudian skripsi ini juga memperlihatkan bagaimana implikasi dari penerapan suatu strategi terhadap budaya perusahaan CV. Makmur. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipan dimana peneliti ikut dalam aktivitas para karyawan di dalam perusahan. Selain itu, untuk mengumpulkan data peneliti juga melakukan wawancara mendalam sesuai dengan fokus penelitian kepada pihak-pihak yang terkait, mulai dari para penumpang, karyawan dan manajemen perusahaan sebagai pihak pengambil keputusan di dalam perusahaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua tujuan yang ingin dicapai CV. Makmur dalam menerapkan berbagai macam strategi di perusahaannya. Tujuan yang pertama adalah untuk mencapai keunggulan dalam bersaing, dan tujuan kedua ialah untuk kesinambungan perusahaan. Terciptanya suatu strategi juga tidak terlepas dari pengalaman pihak manajemen melihat berbagai permasalahan yang terjadi dalam bisnis transportasi, baik itu permasalahan internal perusahaan ataupun permasalahan eksternal perusahaan. Permasalahan-permasalahan tersebutlah yang melatarbelakangi pihak manajemen CV. Makmur menciptakan kedelapan strategi yang kini dterapkan di dalam perusahaannya. Selanjutnya penerapan dari strategi-strategi tersebut juga berimplikasi terhadap budaya perusahaan, Implikasinya dapat dilihat dari terciptanya prilaku atau proses bekerja yang baru di dalam perusahaan dan keberhasilan perusahaan menanamkan nilai nilai yang dipahami oleh seluruh pihak yang ada di perusahaan. Kesimpulan yang bisa dicapai melalui tulisan ini adalah strategi sebagai alat untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan perusahaan tidak hanya penting bagi perusahaan yang baru merintis bisnisnya, tetapi juga penting bagi perusahaan yang sudah berkembang. Pengalaman-pengalaman dari pihak manajemen penting untuk dijadikan dasar menciptakan atau merubah suatu strategi agar perusahaan mampu mempertahankan keunggulan dan menjaga kesinambunagn perusahaan.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62336
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV