Strategi Persaingan Bisnis (Studi Etnografi tentang Penerapan Strategi Persaingan Bisnis Pada Perusahaan Otobus CV. Makmur di Kota Medan)
View/ Open
Date
2012Author
Silalahi, Batara Efendi
Advisor(s)
Fikarwin
Metadata
Show full item recordAbstract
Skripsi dengan judul “Strategi Persaingan Bisnis” ini secara umum
menjelaskan tentang strategi-strategi yang diterapkan oleh perusahaan otobus
untuk menghadapi persaingan dalam bisnis layanan jasa transportasi. Dalam
skripsi ini peneliti memilih perusahaan otobus CV. Makmur sebagai objek
penelitian karena perusahaan ini sudah berkembang dibanding perusahaan otobus
lainnya yang berada di Kota Medan. Skripsi ini dibuat untuk dapat memahami
bagaimana pentingnya suatu strategi bagi perusahaan otobus yang sudah
berkembang. Kemudian skripsi ini juga memperlihatkan bagaimana implikasi dari
penerapan suatu strategi terhadap budaya perusahaan CV. Makmur. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipan dimana
peneliti ikut dalam aktivitas para karyawan di dalam perusahan. Selain itu, untuk
mengumpulkan data peneliti juga melakukan wawancara mendalam sesuai dengan
fokus penelitian kepada pihak-pihak yang terkait, mulai dari para penumpang,
karyawan dan manajemen perusahaan sebagai pihak pengambil keputusan di
dalam perusahaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua tujuan yang ingin dicapai CV.
Makmur dalam menerapkan berbagai macam strategi di perusahaannya. Tujuan
yang pertama adalah untuk mencapai keunggulan dalam bersaing, dan tujuan
kedua ialah untuk kesinambungan perusahaan. Terciptanya suatu strategi juga
tidak terlepas dari pengalaman pihak manajemen melihat berbagai permasalahan
yang terjadi dalam bisnis transportasi, baik itu permasalahan internal perusahaan
ataupun permasalahan eksternal perusahaan. Permasalahan-permasalahan
tersebutlah yang melatarbelakangi pihak manajemen CV. Makmur menciptakan
kedelapan strategi yang kini dterapkan di dalam perusahaannya. Selanjutnya
penerapan dari strategi-strategi tersebut juga berimplikasi terhadap budaya
perusahaan, Implikasinya dapat dilihat dari terciptanya prilaku atau proses bekerja
yang baru di dalam perusahaan dan keberhasilan perusahaan menanamkan nilai nilai yang dipahami oleh seluruh pihak yang ada di perusahaan.
Kesimpulan yang bisa dicapai melalui tulisan ini adalah strategi sebagai
alat untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan perusahaan tidak hanya
penting bagi perusahaan yang baru merintis bisnisnya, tetapi juga penting bagi
perusahaan yang sudah berkembang. Pengalaman-pengalaman dari pihak
manajemen penting untuk dijadikan dasar menciptakan atau merubah suatu
strategi agar perusahaan mampu mempertahankan keunggulan dan menjaga
kesinambunagn perusahaan.
Collections
- Undergraduate Theses [939]