Show simple item record

dc.contributor.advisorSuriadi, Agus
dc.contributor.authorNainggolan, Rusmawati
dc.date.accessioned2022-11-19T08:22:02Z
dc.date.available2022-11-19T08:22:02Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62341
dc.description.abstractPada masa golden age stimulasi sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi organ tubuh sekaligus memberikan rangsangan terhadap perkembangan otak yang bisa didapatkan di Taman Kanak-kanak atau Pendidikan Usia Dini. Hal ini tidak akan mungkin didapatkan oleh masyarakat yang ekonominya lemah melihat menjamurnya komersialisasi pendidikan saat ini. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia dalam penyelanggaraan pendidikan anak usia dini di kelurahan Nelayan Indah. Yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan YAKMI dalam mempersiapkan pendidikan anak lebih lanjut, dan melihat kemandirian dari masyarakat dalam mengelola PAUD Nelayan Indah. Melalui penelitian ini diharapakan dapat merumuskan masukan dalam pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini di Nelayan Indah. Penelitian ini dilakukan di derah dampingan YAKMI yaitu Kelurahan Nelayan Indah PAUD lingkungan VI dan Lingkungan VII. Tipe penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan populasi sebanyak 36 anak, yang menjadai sampel adalah 36 orang responden yang merupakan orangtua/pengasuh anak didik. Pengambilan sampel dengan menggunakan porvosive sample. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan studi lapangan, yaitu: observasi, wawancara, kuesoner. Sedangkan teknik analisa data adalah dengan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan beberapa kesimpulan, dimana peranan YAKMI dalam Pendidikan Anak Usia Dini yang ada di Kelurahan Nelayan Indah sangat membantu masyarakat dalam pemenuhan pendidikan anak untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan merangsang orangtua dalam mempersiapkan anak untuk melanjutkan pendidikannya di kelurahan ini walaupun saran dan prasarananya belum memadai, kemandirian dari masyarakat dalam mengelola PAUD ini sudah tercipta walaupun masih perlu pendampingan dan pelatihan kepada kader (guru).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKemampuan Motoriken_US
dc.subjectKemampuan Kognitifen_US
dc.subjectKemampuan Afektifen_US
dc.subjectKemampuan Psikososialen_US
dc.subjectSarana Dan Prasaranaen_US
dc.titlePeranan Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Kelurahan Nelayan Indahen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM050902044
dc.identifier.nidnNID0008086704
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI72201#Kesejahteraan Sosial
dc.description.pages121 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record