Show simple item record

dc.contributor.advisorSuriadi, Agus
dc.contributor.authorLubis, Nurmala Dewi
dc.date.accessioned2022-11-19T09:00:26Z
dc.date.available2022-11-19T09:00:26Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62363
dc.description.abstractPenyadang tuna grahita atau cacat mental bukan merupakan kelompok atau golongan tersendiri yang mempunyai asal-usul lain dalam suatu bangsa. Seperti anakanak yang tumbuh secara normal, anak tuna grahita juga merupakan bagian dari suatu bangsa sekaligus sebagai generasi penerus perjuangan cita-cita bangsa. Karena itu mereka juga mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan anak-anak normal lainnya. Untuk itu diperlukan pelayanan khusus terhadap anak-anak tuna grahita. Pelayanan tersebut dimaksudkan untuk mengembangkan keterampilan penyandang tuna grahita agar mereka dapat mandiri dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelayanan yang diberikan oleh Pusat Rehabilitasi Anak Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan penyandang tuna grahita. Penelitian ini bertipekan eksplanasi dengan menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yaitu dengan analisis regresi linier sederhana, dengan menggunakan uji signifikan parsial (Uji T) dan koefisien diterminasi (R²). Data dalam penelitian ini diperoleh dari pembagian kuesioner dan wawancara. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa koefisien regresi sederhana pada rxy = 0,683. besarnnya koefisien regresi sederhana menunjukkan bahwa pelayanan mempunyai hubungan yang sangat kuat dan positif terhadap keterampilan tuna grahita. Hasil analisis regresi linier sederhana Y = = 8,083 + 0,752x. Hasil pengujian hipotesis diperoleh diperoleh thitung = 3,74. Dengan membandingkan harga thitung dengan harga ttabel pada taraf α = 0,05 ternyata thitung > ttabel yaitu 3,74 > 2,101 yang berarti hipotesis penelitian (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pelayanan yang diberikan YPAC dengan keterampilan tuna grahita. Artinya semakin baik pelayanan yang diberikan maka semakin meningkat keterampilan tuna grahita yang bersekolah di YPAC. Angka R square sebesar 0,466 artinya 46,6 % variabel devenden (keterampilan tuna grahita) dijelaskan oleh variabel Indevenden (Pelayanan), dan sisanya 53,4 % (100 % - 46,6 %) dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel yang dijelaskan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPelayananen_US
dc.subjectKeterampilanen_US
dc.subjectTuna Grahitaen_US
dc.titlePengaruh Pelayanan Pusat Rehabilitasi Anak Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan terhadap Keterampilan Penyandang Tuna Grahitaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM060902041
dc.identifier.nidnNIDN0008086704
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI72201#Kesejahteraan Sosial
dc.description.pages91 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record