• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Provinsi Sumatera Utara

    View/Open
    Fulltext (4.495Mb)
    Date
    2014
    Author
    Silalahi, Susanti Lona
    Advisor(s)
    Sihombing, Marlon
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kondisi pelayanan publik yang buruk mendesak pemerintah untuk lebih serius dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Berbagai alternatif kebijakan pun dilaksanakan oleh pemerintah salah satunya dengan menetapkan kebijakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Adapun PTSP ini merupakan bentuk penyederhanaan pelayanan dimana masyarakat yang hendak mengurus ijin tidak lagi harus berurusan dengan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah melainkan cukup berurusan pada satu badan/kantor di setiap daerah. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pun meresponi kebijakan ini dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Sumatera Utara dengan mendirikan Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Provinsi Sumatera Utara. Akan tetapi, semenjak berdiri pada tahun 2011 silam, badan ini masih mengantongi penanganan perijinan untuk 56 jenis perijinan pada 13 bidang usaha. Penelitian ini mencoba untuk menganalisis penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di BPPT Provsu serta mendalami penyebab kewenangan menangani ijin yang masih berjumlah 56 jenis perijinan dengan menggunakan teori – teori analisis kebijakan publik, pelayanan publik, dan pedoman penyelenggaraan PTSP yang ditetapkan dalam Permendagri No.24 Tahun 2006. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengemukakan gejala/keadaan/peristiwa/masalah pada penyelenggaraan PTSP di BPPT Provsu sebagaimana adanya secara lengkap dan diikuti dengan pemberian analisa dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan PTSP di BPPT Provsu berjalan dengan baik dan sesuai dengan asas maupun prinsip yang ditetapkan BPPT Provsu serta pedoman penyelenggaraan PTSP dalam Permendagri No.24 Tahun 2006. Sekalipun demikian, kewenangan penanganan ijin yang masih 56 jenis perijinan pada 13 bidang usaha menjadi salah satu hambatan bagi BPPT Provsu untuk turut serta meningkatkan kualitas pelayanan publik yang prima di Provinsi Sumatera Utara. Akan tetapi, hambatan tersebut sesungguhnya dapat diatasi sebab BPPT Provsu sudah sejak lama mengajukan penambahan kewenangan kepada gubernur Sumatera Utara namun sangat disayangkan, sejauh ini permohonan tersebut belum juga dikabulkan.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62632
    Collections
    • Undergraduate Theses [1916]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Sistem Pelayanan Wajib Pajak Seksi Pelayanan Kantor Pelayanan Wajib Pajak Pratama Medan Barat 

      Sitepu, Lorenza Putri Ulina (Universitas Sumatera Utara, 2017)
      Pada umumnya negara yang memiliki administrasi pemerintahan yang modern seperti Indonesia mengandalkan penerimaan perpajakan sebagai penopang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dimana penerimaan pajak ini merupakan ...
    • Kepastian Hukum Terhadap Standar Pelayanan Publik dalam Pelayanan Izin Usaha (Studi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pematangsiantar) 

      Rudy (Universitas Sumatera Utara, 2019)
      Pelaksanaan Peraturan Walikota No. 8 Tahun 2017 Tentang Pendelegasian Wewenang Penandatanganan Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Pematangsiantar yang mencerminkan keadilan ...
    • Reformasi Administrasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Batu Bara 

      Ritonga, Amalia Ramadanti (Universitas Sumatera Utara, 2019)
      Public service administration reform is a conscious and planned effort to improve bureaucratic structures, bureaucratic procedures, and bureaucratic behavior. The One Stop Integrated Service System is an effort to improve ...

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV