Peranan Lembaga Ombudsman dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Lembaga Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam)
View/ Open
Date
2010Author
Fitrina, Aida
Advisor(s)
Thamrin, Muhammad Husni
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu kewajiban utama Pemerintah adalah penyelenggaraan
pelayanan kepada masyarakat atau publik yang baik sebagai hak dari masyarakat
itu sendiri. Hal tersebut juga diatur dalam Undang-Undang pelayanan publik yang
menjamin hak masyarakat atas pelayanan publik yang baik. Namun fakta yang
terjadi selama ini, dalam pelayanan publik ternyata banyak diwarnai oleh berbagai
bentuk praktek maladminsitrasi sehingga sangat merugikan masyarakat. Dengan
latar belakang masalah ini maka Pemerintah berinisiatif membentuk suatu
Lembaga Negara yang independent yang bertugas mengawasi jalannya
penyelenggaraan pelayanan publik. Lembaga yang dimaksud yaitu Lembaga
Ombudsman Republik Indonesia.
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peranan Lembaga Ombudsman
Republik Inndonesia tersebut dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan
publik sehingga diharapkan dapat tercipta pelayanan publik yang berkualitas dan
sedikit demi sedikit dapat mengikis berbagai praktek maladministrasi yang kerap
terjadi.
Dari data yang diperoleh baik berupa data primer maupun data skunder
menunjukkan bahwa keberadaan Lembaga Ombudsman ternyata sangat
membantu masyarakat. Masyarakat kini memiliki wadah untuk mengadukan
setiap ketidakadilan yang diterimanya dalam hal pelayanan publik serta
mendapatkan perlindungan hukum. Pengawasan serta daya tanggap Lembaga
Ombudsman atas praktek maladministrasi cukup membuat para pejabat/instansi
penyelenggara pelayanan kini semakin dituntut untuk berfikir dua kali jika hendak
melakukan pelanggaran, sebab Lembaga Ombudsman memiliki dasar hukum yang
kuat berupa Undang-Undang No.37 tahun 2008 tentang Lembaga Ombudsman Republik Indonesia, serta Undang-Undang No.25 tahun 2009 tentang pelayanan
publik.
Collections
- Undergraduate Theses [1916]