• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peranan Lembaga Ombudsman dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Lembaga Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam)

    View/Open
    Fulltext (1.628Mb)
    Date
    2010
    Author
    Fitrina, Aida
    Advisor(s)
    Thamrin, Muhammad Husni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu kewajiban utama Pemerintah adalah penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat atau publik yang baik sebagai hak dari masyarakat itu sendiri. Hal tersebut juga diatur dalam Undang-Undang pelayanan publik yang menjamin hak masyarakat atas pelayanan publik yang baik. Namun fakta yang terjadi selama ini, dalam pelayanan publik ternyata banyak diwarnai oleh berbagai bentuk praktek maladminsitrasi sehingga sangat merugikan masyarakat. Dengan latar belakang masalah ini maka Pemerintah berinisiatif membentuk suatu Lembaga Negara yang independent yang bertugas mengawasi jalannya penyelenggaraan pelayanan publik. Lembaga yang dimaksud yaitu Lembaga Ombudsman Republik Indonesia. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui peranan Lembaga Ombudsman Republik Inndonesia tersebut dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik sehingga diharapkan dapat tercipta pelayanan publik yang berkualitas dan sedikit demi sedikit dapat mengikis berbagai praktek maladministrasi yang kerap terjadi. Dari data yang diperoleh baik berupa data primer maupun data skunder menunjukkan bahwa keberadaan Lembaga Ombudsman ternyata sangat membantu masyarakat. Masyarakat kini memiliki wadah untuk mengadukan setiap ketidakadilan yang diterimanya dalam hal pelayanan publik serta mendapatkan perlindungan hukum. Pengawasan serta daya tanggap Lembaga Ombudsman atas praktek maladministrasi cukup membuat para pejabat/instansi penyelenggara pelayanan kini semakin dituntut untuk berfikir dua kali jika hendak melakukan pelanggaran, sebab Lembaga Ombudsman memiliki dasar hukum yang kuat berupa Undang-Undang No.37 tahun 2008 tentang Lembaga Ombudsman Republik Indonesia, serta Undang-Undang No.25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62639
    Collections
    • Undergraduate Theses [1916]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV