• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Welfare
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Welfare
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Yayasan Emphaty Medan

    View/Open
    Fulltext (1.802Mb)
    Date
    2011
    Author
    Sembiring, Mirza Irfandi Firhadi
    Advisor(s)
    Siregar, Hairani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan non-formal sebagai bagian dari sistem pendidikan memiliki tugas sama dengan pendidikan lainnya (pendidikan formal) yakni memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat. Layanan alternatif yang diprogramkan di luar sistem persekolahan tersebut bisa berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan formal sistem persekolahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana data yang diperoleh dari informan dari hasil wawancara, yang kemudian diolah dan dianalisis sehingga mendapatkan gambaran mengenai keadaan sebenarnya bagaimana implementasi kegiatan yang dilakukan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) EMPHATY Medan. Subjek dalam informan penelitian ini sebanyak 6 orang yang terbagi atas pengelola lembaga atau tutor dan warga belajar Kejar Paket B dan Kejar Paket C, yang menjadi informan untuk pengelola PKBM adalah pimpinan, staf, dan pekerja sosial (tutor) beserta warga belajar di PKBM EMPHATY yang berjumlah 3 orang pengelola PKBM EMPHATY beserta tutor dan yang menjadi informan dari warga belajar adalah 3 orang warga belajar Paket C serta 3 orang dari Paket B. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Implementasi Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) EMPHATY Medan adalah (1) Implementasi Program Pendidikan Kesetaraan oleh PKBM EMPHATU berjalan dengan benar, hal ini dilihat dengan adanya warga belajar, tenaga pengajar (tutor) dan melakukan proses pembelajaran, (2) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) EMPHATY Medan kurang dapat perhatian terutama permasalahan dana dari pemerintah atau dinas terkait da hal ini berdampak kepada kurang maksimalnya implementasi program pendidikan kesetaraan (3) Tenaga pengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM EMPHAT Medan memiliki loyalitas yang tinggi kepada PKBM EMPHATY Medan
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62708
    Collections
    • Undergraduate Theses [1147]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV