Show simple item record

dc.contributor.advisorSiregar, Hairani
dc.contributor.authorSembiring, Mirza Irfandi Firhadi
dc.date.accessioned2022-11-21T06:49:19Z
dc.date.available2022-11-21T06:49:19Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttps://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62708
dc.description.abstractPendidikan non-formal sebagai bagian dari sistem pendidikan memiliki tugas sama dengan pendidikan lainnya (pendidikan formal) yakni memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat. Layanan alternatif yang diprogramkan di luar sistem persekolahan tersebut bisa berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan atau pelengkap pendidikan formal sistem persekolahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana data yang diperoleh dari informan dari hasil wawancara, yang kemudian diolah dan dianalisis sehingga mendapatkan gambaran mengenai keadaan sebenarnya bagaimana implementasi kegiatan yang dilakukan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) EMPHATY Medan. Subjek dalam informan penelitian ini sebanyak 6 orang yang terbagi atas pengelola lembaga atau tutor dan warga belajar Kejar Paket B dan Kejar Paket C, yang menjadi informan untuk pengelola PKBM adalah pimpinan, staf, dan pekerja sosial (tutor) beserta warga belajar di PKBM EMPHATY yang berjumlah 3 orang pengelola PKBM EMPHATY beserta tutor dan yang menjadi informan dari warga belajar adalah 3 orang warga belajar Paket C serta 3 orang dari Paket B. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Implementasi Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) EMPHATY Medan adalah (1) Implementasi Program Pendidikan Kesetaraan oleh PKBM EMPHATU berjalan dengan benar, hal ini dilihat dengan adanya warga belajar, tenaga pengajar (tutor) dan melakukan proses pembelajaran, (2) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) EMPHATY Medan kurang dapat perhatian terutama permasalahan dana dari pemerintah atau dinas terkait da hal ini berdampak kepada kurang maksimalnya implementasi program pendidikan kesetaraan (3) Tenaga pengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM EMPHAT Medan memiliki loyalitas yang tinggi kepada PKBM EMPHATY Medanen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectKesetaraanen_US
dc.titleImplementasi Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Yayasan Emphaty Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM040902032
dc.identifier.nidnNIDN0027097103
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI72201#Kesejahteraan Sosial
dc.description.pages135 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record