• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Public Administration
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    : Implementasi Program SIMPUS Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat ( Studi Puskesmas Teladan kecamatan Medan Kota )

    View/Open
    Fulltext (4.588Mb)
    Date
    2014
    Author
    Rahmanita, Hafni
    Advisor(s)
    Thamrin, Muhammad Husni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sistem Informasi Manajemen Puskesmas ( SIMPUS ) adalah program sistem informasi kesehatan daerah yang memberikan informasi tentang segala keadaan kesehatan masyarakat di tingkat PUSKESMAS mulai dari data diri orang sakit, ketersediaan obat sampai data penyuluhan kesehatan masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut perlu adanya suatu sistem informasi yang dapat menyajikan dan menggambarkan secara menyeluruh tentang kondisi dan situasi kesehatan di suatu wilayah, dengan data yang valid, akurat dan lengkap, serta dapat diakses dengan mudah, cepat dan dengan jangkauan yang luas Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data untuk sampel informan baik dari aparat Puskesmas Teladan Medan dan Dinas Kesehatan Kota Medan maupun sampel masyarakat menggunakan wawancara secara langsung agar bisa mendapatkan jawaban yang lengkap dan jelas . Pertanyaan yang disusun berdasarkan tujuan penelitian ini yakni mengenai teori implementasi program / kebijakan dan teori kualitas pelayanan. Hasil analisiss data dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan SIMPUS di Puskesmas Teladan Medan masih menggunakan sistem yang manual karena memiliki hambatan – hambatan dalam proses penerapannya seperti pada perangkat komputer serta pada sumber daya manusianya dan juga anggaran yang diberikan masih dirasa kurang. Pada pelayanan yang diberikan oleh aparat kesehatan berupa pemberian informasi, keramahan dan kesigapan dirasa sudah baik dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa aparat kesehatan dalam meningkatkan pelayanan masyarakat secara umum sudah memainkan perannya secara baik sesuai dengan aturan yang berlaku. Saran penulis dalam penelitian ini adalah harus adanya penambahan alat perangkat seperti komputer maupun anggaran yang diberikan agar lebih lagi meningkatkan pelayanan masyarakat.
    URI
    https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/62724
    Collections
    • Undergraduate Theses [1916]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV