dc.description.abstract | Saat ini dunia bisnis menghadapi era baru persaingan yang sangat ketat.
Misalnya dalam industri perdagangan, ketatnya suatu persaingan menuntut
perusahaan untuk lebih aktif dalam mempromosikan produknya. Dengan
menerapkan strategi motivasi yang tepat, maka para pelaku bisnis harus lebih siap
dalam menghadapi era tersebut. Terlebih lagi dalam era globalisasi ini, akan
muncul suatu fenomena baru yaitu global consumer (konsumen global), akibatnya
perusahaan harus meningkatkan daya saing untuk mempertahankan kelangsungan
usahanya melalui berbagai perbaikan, baik dalam hal harga, promosi, kualitas
produk, distribusi, strategi penjualan dan pelayanan maupun strategi perusahaan
dalam memberikan motivasi kepada karyawannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi motivasi apa
yang digunakan oleh PT Singa Langit Utama Medan dalam mengembangkan
MLM Tianshi di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh adalah
melalui wawancara secara langsung kepada pemimpin PT Singa Langit Utama
Medan beserta beberapa karyawannya dan wawancara secara langsung dengan
beberapa distributor Tianshi. Selain itu data tertulis juga diperoleh melalui bagian
administrasi dari PT Singa Langit Utama Medan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa
strategi motivasi yang dilakukan oleh perusahaan terhadap para distributor
Tianshi yang ada di Kota Medan memberikan dampak yang sangat baik bagi
perkembangan perusahaan serta perkembangan para distributornya. Hal tersebut
dapat dilihat berdasarkan hasil penjualan produk Tianshi yang setiap tahunnya
semakin meningkat walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi baik secara
internal maupun eksternal. | en_US |