Persepsi Masyarakat Desa Parbutaran Terhadap Pendidikan Formal (Studi Etnografi Mengenai Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Formal di Desa Parbutaran Kec. Bosar Maligas Kab. Simalungun)
View/ Open
Date
2014Author
Andriani, Shelly
Advisor(s)
Harahap, Aida Fitria
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini adalah mengenai persepsi masyarakat Desa Parbutaran
terhadap pendidikan formal. Pendidikan merupakan sarana paling strategis
untuk meningkatkan kualitas manusia. Artinya, melalui pendidikan, kualitas
manusia dapat ditingkatkan. Jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal,
non formal, dan informal. Pendidikan formal (PF) yang sering disebut
pendidikan persekolahan berupa jenjang pendidikan yang telah baku.
Penelitian ini dilakukan di Desa Parbutaran Kecamatan Bosar
Maligas Kabupaten Simalungun. Tingkat pendidikan di Desa Parbutaran
tergolong rendah. Sebagian besar masyarakat Parbutaran hanya menamatkan
sekolah sampai jenjang SMP.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Penulisan dilakukan secara holistik, berdasarkan teknik
pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi dan wawancara
kepada masyarakat yang terkait dengan masalah penelitian.
Permasalahan yang dibahas adalah apa persepsi masyarakat Desa
Parbutaran terhadap pendidikan formal, faktor apa saja yang menyebabkan
anak-anak Desa Parbutaran sekolah/tidak melanjutkan sekolah dan apa
harapan masyarakat Desa Parbutaran dikemudian hari setelah mengenyam
pendidikan.
Kesimpulannya adalah bagi masyarakat Desa Parbutaran pendidikan
formal itu penting. Akan tetapi, faktor ekonomi dan kesadaran para orang
tua yang menganggap pendidikan di sekolah belum tentu menjamin masa
depan membuat mereka memutuskan tidak melanjut sekolah ke jenjang
yang lebih tinggi.
Collections
- Undergraduate Theses [939]